“Syarat Hewan Qurban yang Harus di Penuhi”

“Syarat Hewan Qurban yang Harus di Penuhi”

Pada hari Idul Adha, umat Islam menyempurnakan ibadah dengan memberikan qurban. Jenis hewan yang dapat menjadi qurban di antaranya adalah unta, sapi, atau kambing (domba atau kambing biasa).
.
Secara umum, hewanyang akan dijadikan qurban haruslah halal secara islam dan sehat. Namun dengan banyaknya penjual hewan qurban yang ada, tentu membuat kita sebagai orang awam bingung memilih hewan qurban yang sah dan sehat. Tidak ingin qurban kali ini menjadi tidak sah dikarenakan beberapa hal sepele kan?
.
Ada beberapa syarat hewan qurban adalah sebagai berikut:
1. Jenis hewan qurban
Hewan yang memenuhi syarat untuk berqurban adalah binatang ternak. Hewan yang termasuk dalam jenis ini yaitu, unta, sapi, kambing, dan domba.
2. Status kepemilikan hewan
Syarat selanjutnya adalah mengenai status kepemilikan / proses mendapatkan hewan tersebut. Hewan yang memenuhi syarat adalah hewan yang diperoleh secara halal dan dimiliki dengan akad yang halal. Jadi bukan merupakan hewan curian atau hewan yang dimiliki dengan uang yang haram, seperti riba misalnya. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah itu maha baik, dan tidak menerima kecuali yang baik. (HR. Muslim)
3. Tidak cacat
Ada empat cacat yang tidak boleh dalam hewan qurban, yaitu: Buta sebelah matanya yang jelas butanya, sakit dan jelas sakitnya, pincang dan jelas pincangnya, dan sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang. Hewan qurban yang dimakruhkan seperti: Telinga dan ekornya putus atau robek, Pantat dan ambing susunya putus, gila, kehilangan gigi, tidak bertanduk atau tanduknya patah.
4. Usia Hewan Qurban
Menurut syariat, usia hewan harus sudah jaza’ah (berusia setengah tahun) untuk domba, dan tsaniyyah (berusia setahun penuh) untuk hewan selain domba. Unta yang telah sempurna berusia 5 tahun, Sapi yang telah sempurna berusia 2 tahun, kambing yang telah sempurna berusia 1 tahun, dan domba genap 6 bulan, masuk bulan ke 7
.
Jadi yang paling utama menurut sifatnya adalah hewan yang memiliki sifat sempurna dan bagus, diantaranya: gemuk, dagingnya banyak, sehat, bentuk fisik sempurna, dan bentuknya bagus. Wallahu’alam
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: www.wajibbaca.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *