“Bulan Dzulhijjah adalah Bulan yang Istimewa”

“Bulan Dzulhijjah adalah Bulan yang Istimewa”

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang istimewa, banyak orang yang menyebutnya bulan Haji. Sebagai umat islam tentu kita menyambutnya dengan rasa gembira, karena pada bulan tersebut banyak keutamaan yang tidak akan kita jumpai di bulan bulan lainnya. Diantaranya adalah, ibadah sholat idul adha, puasa, sedekah (qurban) dan haji.
.
“Tidak ada hari-hari dimana amal sholih lebih disukai Allah pada hari itu dari pada hari-hari ini, maksudnya 10 hari Dzulhijjah. Kemudian para sahabat bertanya, ‘Dan bukan pula jihad, ya Rasulullah?’ Rasul lalu menjawab, Dan tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar membawa diri dan hartanya kemudian ia pulang tak lagi membawa apa-apa” (HR. Bukhari)
.
Pada bulan Dzulhijjah umat islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah Dzulhijjah, Menunaikan ibadah haji dan menyembelih hewan Qurban. Puasa Dzulhijjah dilakukan mulai tanggal 1 Dzulhijjah sampai tanggal 7 Dzulhijjah.
.
Dilanjut dengan puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah), yaitu dua hari sebelum hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah. Lalu di 9 Dzulhijjah ada puasa Arafah. Puasa Arafah merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan, Jika tidak mampu berpuasa dari tanggal 1 sampai 8 Dzulhijjah, maka cukup melaksanakan puasa Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.
.
Puasa Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar. Oleh karenanya para ulama memasukkan puasa Arafah ini ke dalam puasa sunnah yang sangat dianjurkan (Muakkad). Rasulullah SAW bersabda: “Puasa Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim). Wallahu’alam
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: pelangiaqiqah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *