“Rasulullah hanya sakit 2x seumur hidupnya”

“Rasulullah hanya sakit 2x seumur hidupnya”

Cara menjaga kesehatan yang paling baik adalah meneladani pola hidup Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau dikenal sebagai manusia tersehat sepanjang sejarah. Dalam hidupnya, Nabi hanya mengalami sakit sebanyak 2 kali. Yakni saat diracuni oleh orang Yahudi dan saat menjelang kematiannya. Selain dari itu, Nabi Muhammad SAW selalu tampak sehat dan bugar.
.
Berikut ini kami rangkum tips sehat ala Rasulullah SAW:
1. Mengonsumsi makanan halal
Beliau mematuhi hukum islam untuk tidak memakan makanan haram. Sebab jika Allah sudah melarang pastinya hal itu tidak baik untuk tubuh. Allah berfirman yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172).
2. Mengonsumsi makanan bergizi
Jaman dahulu belum ada makanan funkfood atau makanan kemasan. Sumber makanannya cenderung berasal dari bahan-bahan alami. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR. Bukhari dan Muslim).
3. Membaca do’a sebelum dan sesudah makan
Rasulullah SAW selalu membaca doa sebelum dan sesudah makan. Ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi lebih berkah, menjadi obat dan tidak membuat perut jadi rakus.
4. Makan dengan tangan kanan
Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR. Muslim).
5. Merawat kebersihan badan
Walaupun Nabi Muhammad SAW memiliki kesibukan yang tinggi, namun beliau tidak pernah melupakan untuk merawat badan. Sebab Allah Ta’ala pun menyukai keindahan dan kebersihan. “Hal yang fitrah itu ada lima atau lima hal merupakan fitrah, yaitu khitan, mencukur rambut kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur kumis.” (HR. Al-Bukhari). Wallahu’alam
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://dalamislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *