“Jawaban Mendasar Ketika Anak Bertanya Tentang Allah”

“Jawaban Mendasar Ketika Anak Bertanya Tentang Allah”

Anak terkadang melontarkan pertanyaan kritis yang susah dijawab. Mulai dari pertanyaan besar tentang hakikat Allah SWT, sampai hal sederhana yang tak terpikirkan orang dewasa. Apalagi, arus informasi dari media elektronik dan televisi sekarang begitu cepat.
.
Misalnya pertanyaan: Allah itu seperti apa? Kenapa Allah tidak kelihatan? Sebagian orang tua memilih marah atau menyuruh anaknya berhenti menanyakan hal semacam itu. Padahal sikap itu tidak tepat. Anak tetap akan mencari jawaban atas pertanyaannya. Bisa jadi, sikap orang tua yang semacam itu akan membuat anak mencari jawaban ke sumber yang salah atau tidak percaya lagi pada orang tua.
.
Nah berikut kami rangkum jawaban jika anak bertanya tentang Allah:
1. “Bu Allah itu apa?”
Allah itu Yang Menciptakan segala-galanya. Langit, bumi, laut, sungai, batu, kucing, cicak, kodok, burung, semuanya, termasuk menciptakan nenek, kakek, ayah, ibu, juga kamu.”
2. “Bu, bentuk Allah itu seperti apa?”
Ade tahu ‘kan, bentuk sungai, batu, kucing, kambing,..semuanya.. nah, bentuk Allah itu tidak sama dengan apa pun yang pernah kamu lihat. Sebut saja bentuk apa pun, bentuk Allah itu tidak sama dengan apa yang akan kamu sebutkan.”
[Dia] Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan [pula], dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Asy-Syura:11)
3. “Bu, Allah itu ada dimana?”
De, Allah itu bersemayam di Arasy. Allah dekat dengan kita. Allah itu selalu meliputi hati setiap orang yang saleh, termasuk di hati kamu, Sayang. Jadi, kekuasaan Allah selalu ada bersamamu di mana pun kamu berada.
Allah Swt berfirman “Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, Kemudian dia bersemayam di atas ´Arsy dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. dan dia bersama kamu di mana saja kamu berada. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hadid: 4). Wallahu’alam
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: http://www.akhwatmuslimah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *