“Jangan sampai kita putus Silaturahmi”

“Jangan sampai kita putus Silaturahmi”

Islam adalah agama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik. Amalan dalam islam tidak hanya berupa ibadah seperti shalat baik shalat wajib maupun sholat sunnah, puasa, zakat dan sebagainya melainkan juga tersenyum, dan menjalin tali silaturahmi. Menjalin silaturahmi adalah salah cara mewujudkan ukhuwah islamiyah dan dapat dilakukan dengan cara mengunjungi sanak keluarga dan saudara.
.
Allah SWT berfirman: “Dan bertakwalah kepada Allah SWT yang dengan (mempergunakan) nama-Nya, maka kamu saling meminta satu diantara yang lainnya dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Maka sesungguhnya Alloh SWT akan selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (Q.S An-Nisaa’: 1).
.
Dari sabda di atas, menunjukan jika menjaga silaturahmi antar sesama manusia akan menumbuhkan banyak sekali hikmah yang bisa didapatkan.Diantaranya:
1. Merekatkan tali persaudaraan
Orang yang menghubungkan tali persaudaraan bukanlah orang yang membalas hubungan baik. Melainkan, orang yang menghubungkan tapi persaudaraan adalah orang yang ketika persaudaraannya diputus, maka ia akan menghubungkannya kembali”. (HR. Bukhari).
2. Membuka pintu rezeki dan memperpanjang usia
Rasulullah pun bersabda: “Barangsiapa yang senang dilapangkan jalan rezekinya dan dipanjangkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklan ia menyambung tali silaturahmi antar sesama”. (H.R Bukhari).
3. Dijauhkan dari neraka
“Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim)
.
Tidak sedikit orang yang memutuskan silaturahmi hanya karena masalah pribadi. Berikut ini beberapa bahaya memutuskan tali silaturahmi:
1. Dilaknat oleh Allah
“Maka apa kiranya jika kamu berkuasa akan membuat kerusakan di bumi dan memutuskan silaturahmi, Mereka itulah orang-orang yang dilaknat oleh Allah dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan mata mereka.” (QS. Muhammad: 22-23)
2. Dijauhkan dari surga
Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan (silaturahmi)” (HR Bukhari dan Muslim).
3. Tidak akan memperoleh rahmat dari Allah
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Rahmat tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi.” (HR Muslim). Wallahu’alam
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://dalamislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *