“Keutamaan Menjaga Aib Saudaranya”

Kebanyakan dari kita lebih suka mencari-cari aib orang lain, entah kesalahannya, kelemahannya, ataupun kekurangannya. Sehingga lalai dengan aib diri sendiri.
.
Padahal dengan mencari-cari aib orang lain tidak akan bisa membantu mengurangi aibmu, tidak membantu menambah berat amalanmu, pun juga tidak membantu memudahkanmu untuk memasuki surgaNya.
.
Jika ada waktu untuk mengoreksi aib-aib orang lain, lebih baik gunakan waktu luang tersebut untuk mengoreksi aib-aib diri sendiri. Ummu Al-Fatih
.
Keuntungan menutup aib orang lain:
1. Allah Akan Menutupi Aibnya Di Akhirat Kelak . Keutamaan pertama yang akan diperoleh orang yang senantiasa menutupi aib orang lain ialah Allah SWT akan menutupi aib orang tersebut di akhirat kelak. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW. Beliau bersabda: “Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.” (HR. Muslim)
2. Allah Juga Menutupi Aibnya di Dunia Ini . Tidak hanya mendapat keutamaan ketika di akhirat kelak. Ternyata keutamaan menutupi aib orang lain juga akan diperoleh ketika ia masih hidup di dunia. Rasulullah SAW bersabda: “Barang Siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aib orang tersebut di dunia dan akhirat.” (HR. Ibnu Majah)
3. Keutamaan Menutup Aib Saudaranya ibarat ia menghidupkan Bayi yang Dikubur Hidup-Hidup. “Siapa melihat aurat (aib orang lain) lalu menutupinya, maka seakan-akan ia menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup.” (HR. Abu Daud).
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://www.instagram.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *