8 Keutamaan dan Manfaat Sedekah

8 Keutamaan dan Manfaat Sedekah

1. Mengundang datangnya rezeki.
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda,”Allah SWT berfirman,” Wahai Anak Adam berinfaklah, karena sebab infak engkau akan mendapatkan nafkah!” (Muttafaqun Alaihi)
 
“Pancinglah rezeki dengan sedekah.” (Ali bin Abi Thalib)
 
2. Sedekah dapat menolak bala.
Ibnu Abi Al Ja’ad berkata,”Sesungguhnya sedekah itu akan menolak tujuhpuluh pintu dari kecelakaan dan keutamaan mengeluarkannya secara sembunyi sembunyi adalah tujuh puluh kali lebih utama daripada mengeluarkannya secara terang terangan.”
 
Imam Ibnul Qoyyim RA berkata : “ Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai bencana sekalipun pelakunya orang yang Fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT. akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan sedekah tersebut. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi umat manusia. Sebagian besar umat manusia sepakat tentang hal ini karena mereka telah mencobanya “ ( dari terjemahan Al- Wabilu ‘Sh Shoyyib karya Ibnul Qoyyim).
 
3. Sedekah dapat menyembuhkan penyakit.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy (360H) rahimahullah dalam kitabnya “Al-Mu’jam Al-Ausath” 2/274 no.1963: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jagalah harta kalian dengan menunaikan zakat, dan obatilah orang sakit kalian dengan bersedekah, dan hadapilah musibah dengan do’a”
 
…“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi)
 
“Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak, dan tetangganya bisa dihapus dengan puasa, shalat, sedekah, dan amar makruf nahi munkar.” (HR. Bukhari dan Muslim)
 
4. Sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur.
“ Sesungguhnya sedekah dapat membebaskan seorang hamba dari azab Allah SWT. Seseorang yang melakukan dosa dan kesalahan, ia patut celaka. Tetapi kalau ia segera mau menyusulinya dengan bersedekah, niscaya hal itu bisa membebaskan dan melepaskannya dari azab. Oleh karena itulah Rasulullahi SAW. bersabda: “Sesungguhnya Allah akan menolak kematian yang buruk atas seseorang karena sedekah yang dikeluarkannya “ (dari terjemahan Al Mustraghitsun Billahi Ta ’ala karya Ibnu Basykiwal).
 
 
5. Mencegah dari api neraka dan kemurkaan Allah di hari Akhirat.
Allah SWT berfirman,” Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu, yang menafkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya.”(QS Al Lail[92]:17-18)
 
“Sesungguhnya sedekah akan menyelamatkan seseorang dari panasnya azab kubur. Seorang mukmin pada hari kiamat sungguh akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (HR Thabrani)
“Bersedekahlah sesungguhnya sedekah dapat membebaskan kalian dari neraka.” (Thabrani)
 
6. Mendapatkan pahala dan keutamaan 700 kebaikan.
Allah SWT berfirman, ” Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dgn sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap tiap bulir, seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah[2]:261)
 
7. Diberikan kemudahan dan jalan keluar oleh Allah SWT.
” Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, Dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), Maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. Dan adapun orang orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup. Serta mendustakan pahala terbaik, Maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.” (QS Al Lail[92]:5-11)
 
8. Mendapatkan ketenangan dan kelapangan jiwa.
“Orang orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran bagi mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.” (QS Al Baqarah[2]:274)
 
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber : https://kantongsedekah.blogspot.com
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *