“Malam Nisfu Sya’ban?”

Malam Nifsu Sya’ban jatuh pada pertengahan bulan Ramadhan atau tanggal 15 Hijriah, yang bertepatan dengan hari ini, Sabtu malam Minggu.
.
Dalam pelaksanaan ibadah, kita harus mengikuti apa yang telah Rasulullah sampaikan dan juga mengikuti sunnah tersebut. Hal ini karena Rasulullah adalah teladan dan telah menjalankannya agar umat islam mengikuti. Jika amalan ibadah tidak sesuai dan dibuat sendiri oleh manusia tentu hal ini akan mempengaruhi kesatuan dan kemurnian ajaran islam.
.
Sebelum mengetahui tentang amalan-amalan nisfu sya’ban, maka sebaiknya umat islam mengetahui terlebih dahulu mengenai dalil-dalil atau hadist yang berkenaan dengan nisfu sya’ban. Berikut adalah informasi hadsit yang berkenaan dengan nisfu sya’ban.
.
“Aku tidak pernah sekali pun melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali (pada) bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat beliau (banyak berpuasa) dalam suatu bulan kecuali bulan Sya’ban. Beliau berpuasa pada kebanyakan hari di bulan Sya’ban.” (HR Bukhari dan Muslim)
.
Hadist ini mendukung pada adanya amalan nisfu sya’ban yaitu berpuasa. Rasulullah sendiri menyempurnakan amalannya di bulan Ramadhan. Tetapi hadist ini tidak mengkhususkan ibadah tertentu atau mengkhususkan bulan Rajab hingga umat islam harus melaksanakannya.
.
“Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihat anda sering berpuasa dalam beberapa bulan seperti puasa anda di bulan Sya’ban. Beliau menjawab, ‘Itu adalah satu bulan yang manusia lalai darinya. (Bulan itu adalah) bulan antara Rajab dan Ramadan, dan pada bulan itu amalan-amalan manusia diangkat kepada Rabbul ‘alamin, maka aku ingin supaya amalanku diangkat pada saat aku berpuasa.” (HR An Nasai)
.
Hadist ini juga sebagaimana hadist yang pertama, bahwa ada amalan yang bisa dilakukan salah satunya berpuasa. Akan tetapi tidak ada pengkhususan amalan yang harus dilakukan umat islam, karena Rasulullah berpuasa sunnah di setiap bulannya.
.
Ada beberapa amalan utama Malam Nisfu Sya’ban, yaitu:
1. Memperbanyak Istighfar
Memperbanyak istighfar pada malam Nisfu Sya’ban karena Allah mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang bermusuhan.
2. Memperbanyak Doa
Memperbanyak doa kepada Allah. Permintaan yang dipanjatkan pada malam Nisfu Sya’ban akan diterima oleh Allah
3. Melaksanakan Sholat sunnah malam
Melaksanakan sholat sunnah malam di malam nisfu sya’ban. Kaum muslim sejak generasi salaf selalu menghidupkan malam nisfu sya’ban ini dengan berbagai macam bentuk ibadah, terutama ibadah sholat.
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://dalamislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *