“Buah yang paling banyak disebut dalam Al-Qur’an”

Yap… Jawabannya Buah Kurma. Kurma adalah salah satu buah yang paling banyak disebut dalam Al Qur`an. Kurang lebih, sebanyak dua puluh kali nama buah ini disebut datangnya bulan suci Ramadhan, akan banyak kita jumpai berbagai makanan dan minuman yang sering muncul untuk dikonsumsi pada saat berpuasa nanti. Baik sebagai menu sahur, ataupun berbuka puasa.
.
Salah satu menu yang pasti kita temui adalah buah kurma. Pohon kurma adalah salah satu buah yang paling banyak disebut dalam Al Qur`an. Kurang lebih, sebanyak dua puluh kali nama buah ini disebut. Lima belas ayat menyebutnya bersama dengan tumbuhan lainnya, sebagai karunia Allah bagi umat manusia. Tapi tahukah Anda, mengapa kurma banyak disebut Al-Quran dan juga disukai Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam?
.
Buah yang memiliki nama latin dactylifera phoenix ini, diyakini mempunyai segudang keistimewaan dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Hal ini tidak hanya dibuktikan secara ilmiah semata, tetapi juga telah termaktub dalam al-Qur’anul karim dan sabda Nabi Salallahu ‘alahi wassalam. Walaupun tidak disebutkan secara spesifik manfaat dari buah kurma, tetapi sungguh jika sesuatu terdapat dalam Al-Qur’an, maka pastilah ia merupakan sebuah kebenaran.
.
Lantas apa saja sebenarnya rahasia keistimewaan buah kurma yang bahkan keberadaannya disebutkan dalam al-Qur’an. Berikut adalah 10 rahasia keistimewaan buah kurma:
1. Dapat melindungi tubuh dari racun
Rasulullah Salallahu ‘alahi wassalam pernah bersabda; “Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”. Dan benar saja, dalam satu cerita dikisahkan ada seorang wanita yahudi yang melakukan percobaan pembunuhan kepada Rasulullah dengan menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada Perang Khaibar. Ternyata racun yang tertelan oleh beliau bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir Ibnu al-Barra’, salah seorang sahabat yang juga ikut memakan racun tersebut akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullah selamat.
2. Mengandung zat anti kanker
Dalam sebuah penelitian di Mesir, ternyata penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengkonsumsi kurma. Dan belakangan terbukti bahwa itu dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel kanker. Sebagai mana diketahui, sebagian besar penduduk jazirah arab atau yang tinggal di daerah sahara dan oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok.
Kurma adalah salah satu makanan khas di Timur Tengah. Kaum Arab Badui, menjadikan kurma secara teratur. Menurut sebuah survei, prevalensi pengidap kanker dan sakit jantung pada Suku Baduwi sangat kecil dan paling rendah dibanding penduduk Arab lain.
3. Memiliki kadar gula yang tinggi
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, dikatakan dari Anas r.a, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air”.
Hal ini menjelaskan bahwa sebetulnya kurma mempunyai kandungan yang baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Dan benar saja, ternyata kurma adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa, yang mampu menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.
Dan hebatnya lagi, kenapa Rasulullah menganjurkan berbuka dengan kurma adalah bukan tanpa alasan. Ternyata setiap 100gram kurma segar mengandung 277 kalori yang diperoleh dari 58 persen karbohidrat. Dan karbohidrat yang terkandung dalam kurma pun berbentuk rantai pendek dan mudah larut dalam air yang fruktosa. Sehingga energi yang disediakan oleh kurma lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding jika mengkonsumsi gula sukrosa seperti gula tebu.
4. Sebagai sumber protein
Kandungan total protein pada buah kurma mencapai 1.4-1.7gram/100gram kurma basah, jumlah ini diperkirakan sama dengan jumlah protein yang terdapat pada daging. Kandungan protein pada buah kurma akan mencapai puncaknya pada tahap kematangan kimri dan terus menurun seiring dengan derajat kematangan buah. Kandungan lain yang terkandung dalam kurma seperti Treonin, Lisin dan Isoleusin sebagai asam amino esensial bahkan jumlahnya mencapai ratusan kali lebih banyak dari yang terkandung dalam buah apel.
.
Kurma adalah makanan terbaik selain susu?
Ucapan kurma merupakan makanan terbaik selain susu disandarkan kepada perkataan Aisyah (Istri Rasulullah). Secara umum, susu merupakan salah satu sumber protein terbaik. Sedangkan kurma mengandung energi yang sangat tinggi.
.
Apasaja manfaat kurma secara tinjauan medis modern?
1. Mencegah stroke
2. Baik untuk kesehatan tulang
3. Mengatasi sembelit
4. Mengatasi anemia
5. Baik untuk kesehatan mata
6. Mengatasi diare
7. Mengatasi kanker
8. Menaikan trombosit
9. Obat darah tinggi
10. Baik untuk ibu hamil
.
Adakah kebun kurma di Indonesia?
Selain di Timur Tengah, pohon kurma tumbuh di Afrika Utara, California Selatan, Arizona, Ternyata pohon kurma juga bisa tumbuh dengan baik di hutan Wanagama kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Disana telah ditanam 75 pohon kurma yang sudah berusia lebih dari 5 tahun dan sudah berbuah. Terdapat pula di kawasan mesjid di kabupaten Kutoarjo, Wonosari, dan Kupang NTT. Iklim tropis dan kelembaban yang sesuai memungkinkan pohon kurma tumbuh di seluruh wilayah Indonesia yang terkena panas matahari sepanjang tahun. Dan kini terdapat tempat wisata baru yang terletak di Desa Pucangsari, Kec. Purwosari, Pasuruan. Kebun kurma seluas 3,7 hektare berisi ratusan pohon kurma dengan berbagai ukuran. Masyaa Allah… unik sekali bukan?
.
Jadi? Masih mau menghiraukan buah kurma yang banyak manfaatnya untuk kesehatan?
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://www.hidayatullah.comhttps://lamosea.com dan https://www.jawapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *