“Cairan kental berwarna keemasan yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh manusia”

Madu merupakan salah satu jenis pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Seperti halnya sirup, madu berupa cairan kental berwarna keemasan, dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
.
Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist, madu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan manusia dari penyakit. Allah SWT telah mewahyukan kepada Nabi Muhammad SAW bahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit. Madu digambarkan dalam Al-Qur’an sebagai sumber penyambuh:
“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl ayat 68-69)
.
Apa saja kebaikan dari madu? kami telah merangkum berbagai khasiat madu bagi kesehatan seperti ulasan berikut ini:
1. Madu menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh
Seperti yang telah diketahui, terdapat dua jenis kolestrol dalam tubuh kita, yakni kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). LDL sangat berisiko bagi kesehatan jantung, sedangkan tubuh membutuhkan kadar LDL yang cukup
.
Dengan mengonsumsi madu, total LDL dalam tubuh akan berkurang. Otomatis kolestrol baik akan meningkat. Sebuah studi membuktikan manfaat madu dengan mengambil sampel 55 pasien. Rata-rata, kadar LDL setiap pasien turun sebesar 5,8 persen dengan peningkatan HDL sebesar 3,3 persen. Menariknya lagi, meski rasanya manis, madu dapat mengurangi berat badan sebesar 1,3 persen.
2. Sebagai obat batuk alami
Rasanya menyebalkan ketika lagi enak-enak tidur harus terbangun karena tenggorokan gatal karena batuk. Madu bisa jadi obatnya nih. Aman diberikan untuk segala usia, karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Selain menekan batuk, madu juga bisa membantu supaya tidur kamu tetap nyenyak.
3. Kaya akan antioksidan
Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, madu dapat bermanfaat sebagai pencegah sel beberapa jenis sel kanker. Tidak hanya itu, fungsi lain dari antioksidan juga dapat mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke. Sebab, madu dapat melancarkan aliran darah agar tidak menggumpal dan tersumbat.
4. Madu dapat digunakan sebagai obat luka
Luka terbuka yang diakibatkan oleh goresan atau luka bakar dapat diatasi dengan madu. Caranya, tinggal oleskan saja madu pada bagian yang luka. Kandungan antibakterial dan anti-inflamasi dapat mencegah bakteri dan menutup jaringan yang luka. Bahkan, madu juga bisa digunakan sebagai obat sariawan alami.
5. Membantu menurunkan kadar trigliserid tubuh
Trigliserida sebenarnya dibutuhkan tubuh sebagai pembangun energi. Namun, jika terlalu banyak dapat menyebabkan lemak menumpuk yang menjadi faktor beberapa penyakit jantung dan diabetes. Dengan mengkonsumsi madu secara teratur, akan meurunkan trigliserid sebesar 11-19 persen dalam tubuh.
6. Ingin kulit mulus? Jadikan madu sebagai masker
Selain membantu penyembuhan luka, masker madu juga memiliki manfaat yang signifikan untuk kulit. Campuran madu dan lemon akan menjaga kesehatan kulit, membantu regenerasi kulit, melembabkan, menghaluskan sampai membersihkan wajah.
.
Cara pembuatannya pun mudah. Madu dan lemon yang telah daduk diaplikasikan pada wajah atau bagian kulit lainnya. Biarkan 20-30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Setelahnya, dijamin wajah dan bagian kulit yang diberi masker akan terasa lebih segar.
.
Bagaimana cara Nabi SAW makan madu?
Ketika bangun tidur, Nabi selalu mengambil madu. Kebiasaan Nabi mengkonsumsi madu dipagi hari ternyata berkaitan dengan soal pencernaan, yakni mencegah penyakit maag. “Pada pagi hari perut kosong karena Nabi makan malam ringan sekitar jam delapan malam. Madu dapat melapisi dinding lambung sehingga Nabi tidak terkena Maag,” ujar dokter Toni (praktisi kesehatan, penulis buku Sehat ala Rasul).
.
Jadi? setelah tahu banyak manfaat madu, masihkah ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya?
.
Sumber: https://www.idntimes.com dan https://ganaislamika.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *