“Keyakinan akan Kekuatan Doa”

Seorang anak taman kanak-kanak menangis saat akan ditinggal ibunya pergi ke luar kota. Ia takut ibunya tidak kembali. Lalu sang ayah mengajaknya berdoa, dan memberi keyakinan bahwa doa akan didengar dan dikabulkan Allah. Kemudian anak itu memejamkan mata dan mengangkat tangannya lalu berdoa dengan sungguh-sungguh. Usai berdoa si anak merasakan bahwa perasaannya nyaman. Saat ibunya kembali, ia sangat bahagia karena merasa doanya dikabulkan Allah.
.
Sejak itu, setiap akan bepergian anak tersebut selalu mengingatkan untuk berdoa, “Ummi, jangan lupa sebelum naik pesawat, baca doa!” katanya. Ada kalanya ibu sudah di dalam mobil hendak berangkat, si anak masih sibuk mengingatkan ibunya untuk berdoa. Dia belum puas kalau belum melihat ibunya mengangkat tangan dan mulutnya belum tampak komat kamit. Pernah suatu kali, ibunya akan berangkat ke luar kota, sang anak khawatir ibunya lupa berdoa. Ia berkata, “Ummi, aku tahu bagaimana caranya supaya Ummi tidak lupa, dari sekarang aku mau kirim sms (pesan singkat) pakai HP Abi, ‘Ummi jangan lupa berdoa ya’!”
.
Kisah tersebut sebuah ilustrasi untuk menanamkan keyakinan pada anak akan kekuatan berdoa. Bisa ditanamkan dalam banyak aspek kehidupan. Tak ada satu kegiatan pun dalam ajaran Islam yang tidak melibatkan aktivitas berdoa.
.
Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 186 yang artinya:
“Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku, maka (Jawablah), bahwasannya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahku) dan hendaklah mereka beriman kepadaku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”
.
Sudahkah Ayah dan Bunda mengajak anak berdo’a? Mengapa berdoa memberikan ketenangan?
Tentunya dengan mengajak anak berdoa Bersama dapat membangun keyakinan anak akan kekuasaan Alah SWT, dan percayalah, segala kebaikan yang kita dapatkan berawal dari doa orang orang yang kita cintai
.
Hidup tak selalu mudah, selalu banyak ujian dan tantangan. Dengan demikian membangun keyakinan akan kekuatan doa, dan membiasakannya dalam seluruh aktivitas keseharian sangat penting bagi anak-anak.
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://muslimah.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *