“Doa menjenguk orang sakit”

Doa seperti halnya dzikir, ialah sarana bagi seorang hamba untuk selalu mengingat Allah, dengan berdo’a seseorang bisa menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Didalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 186, Allah berfirman, yang artinya: “Dan apabila hamba-hamba ku bertanya kepadamu tentang aku, maka (jawablah), bahwasannya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahku) dan hendaklah mereka beriman kepadaku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”
.
Memohonkan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh ialah sesuatu yang sangat dianjurkan bagi seorang muslim. Bahkan untuk keluarga, kerabat, sahabat terdekat dan orang orang yang kita kenal, akan tetapi untuk semua muslim yang kita ketahui.
.
Dengan mendoakan kesembuhannya, kita juga melakukan amal sholeh yang insyaa Allah bernilai pahala. Namun, doa yang diucapkan untuk kesembuhannya haruslah merupakan doa yang tulus dan dengan niatan yang baik pula.
.
Bagaimana doa untuk menjenguk orang yang sedang sakit?
Sungguh Allah maha mengetahui segala isi hati setiap orang. Doa ini bisa dimohonkan saat menemui kabar orang yang sakit, atau juga bisa sebagai doa ketika menjenguk orang sakit. Berikut ini dia yang telah Nabi SAW ajarkan kepada kita sebagai umatnya:
“Allahumma rabbannas adzhibilba’sa isfyi antasysyafi la sfifauka syifa’an la yughodiru saqoma”. Yang artinya: “Yaallah ya tuhanku, tuhan dari segala manusia dimuka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamulah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang taka da kambuh lagi. “ (HR. Bukhari dan Muslim)
.
Doa tersebut sangat baik diucapkan ketika habis sholat, ketika sesudah berdzikir atau membaca al-qur’an dan ketika menjelang berbuka puasa.
.
Dan Apa keutamaan menjenguk orang sakit?
Telah datang dalam banyak nash tentang keutamaan menjenguk orang sakit dan besarnya pahala di sisi Allah. Imam Muslim meriwayatkan dalam shahihnya, dari Tsauban maula Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dia berkata, Rasulullah bersabda, yang artinya: “Orang yang menjenguk orang sakit berada dalam taman buah di surga sampai dia pulang” dan “Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka dia terus menerus berada dalam Khurfatul Jannah, ditanyakan, “wahai Rasulullah, apa itu Khurfatul Jannah?” Beliau bersabda “Buah surga yang siap dipetik”
.
Masyaa Allah, begitu jelas, sungguh mulia dan begitu besar pahala seorang muslim yang memenuhi hak saudaranya yang sedang sakit. Namun perlu kita landasi sejak awal didalam hati dan juga niat yang tulis semata-mata karena Allah SWT dan Rasulnya.
.
Agar doa kita diperkenankan Allah, juga saudara kita yang sedang sakit segera mendapatkan kesembuhan dari Allah. Semoga kita semua selalu dalam rahmat Allah… Aamiin….
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://almanhaj.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *