“Ciri-ciri Jodoh Pilihan Allah”

Rezeki, maut dan jodoh memang telah ditetapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebelum kita dilahirkan ke dunia ini. Karena itu semuanya tak akan pernah tertukar dari masing-masing orang. Dan kita sebagai manusia tidak perlu khawatir dengan semua ketetapannya, karena janji Allah itu pasti.
.
Sebagai manusia biasa, terkadang kita selalu mengkhawatirkan masalah jodoh. Apalagi yang sudah menginjak usia yang tidak muda lagi namun belum juga dipertemukan jodohnya. Padahal seharusnya kita tidak perlu risau, karena semuanya sudah Allah tentukan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ar-Ruum ayat 21 yang artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kaum yang berfikir.” (QS Ar-Ruum : 21)
.
Perihal jodoh memang merupakan rahasia Allah dan hanya Allah satu-satunya yang mengetahui tentang misteri ini. Oleh karena itu dapat dikatakan sangat sulit untuk dilihat dan ditebak, atau bahkan mungkin malah kita abaikan. Manusia manapun tidak akan pernah ada yang dapat menebak rahasia Allah tersebut. Hal yang harus kita ketahui, sesungguhnya Allah telah mempersiapkan jodoh yang setara atau sesuai dengan kualitas diri masing-masing manusia. Maka dari itu ada pepatah mengatakan bahwa “ Jodoh adalah cerminan dirimu”.
.
Jika kita ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka jadikanlah diri kita sebagai orang yang baik. Allah berfirman dalam surat An-Nuur ayat 26 yang artinya: “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji pula adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS An-Nuur : 26)
.
Dari ayat di atas, dapat kita simpulkan bahwa sudah jelas Allah telah menjanjikan wanita yang keji akan mendapatkan laki-laki yang keji pula begitu pun sebaliknya. Dan wanita yang baik akan mendapatkan laki-laki yang baik pula begitu pun sebalikya.
.
Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki berbagai kriteria nya sendiri dalam hal jodoh.Apabila belum nikah terkadang keluarga itu ikut membantu kita dalam memilih pasangan.Tapi bagaimana kah jika Allah yang ikut membantu?,seperti apa pilihan Allah?
.
Berikut ini kami rangkum ciri-ciri jodoh pilihan Allah yang harus kita ketahui:
1. Membuat kita dekat dengan Allah
Dekat dengan orang yang kita sayangi merupakan hal yang terindah dalam hidup, bahkan bisa saja membuat kita terlena dengan urusan duniawi, jika dekat dengan Allah apakah kita merasa senang? Ya, jodoh pilihan Allah itu pastilah yang membuat kita dekat dengan Allah, seperti banyak berdo’a, semakin rajin sholat dan giat membaca al-qur’an. Orang yang selalu dekat dengan Allah, maka jodoh akan semakin dekat dengan kita. Seperti firman Allah yang artinya: Dan jika hambaku bertanya tentang aku,maka katakanlah aku sangat dekat aku mengabulkan orang yang berdoa,jika berdoa kepadaku(QS,Al baqarah:186)
2. Tidak mengajak kita untuk berpacaran
Jika ada seorang pria yang mendekati wanita dan mau menjadikannya pacar, maka baiknya wanita tersebut jangan menerimanya, tapi tantanglah ia untuk berta’aruf yang sesuai ajaran islam, dan kalau dia menolak tak perlu khawatir karena ada wanita yang sholeh insyaa allah dan banyak pria sholeh pula yang berminat.
3. Ada dorongan untuk memperbaiki diri
Terus berusaha untuk memperbaiki diri,pasti kita akan mempunyai pendamping hidup yang lebih baik bukan?,maka dari itu perbaikilah diri,karena pasangan kita merupakan cerminan dari diri kita! Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan wanita-wanita yang baik adalah untuk llaki-laki yang baik pula.(QS.Annur:26).
4. Merasa dipermudah dalam jenjang pernikahan
Tak kan lari jodoh dikejar, tapi jika tidak dikejar maka tidak juga kita dapatkan, seringkali mengejar orang yang kita sukai, tapi justru ia malah menjauh, ada juga yang sangat ragu. Sungguh kuasa Allah memang tidak ada yang tahu, tapi jika Allah sudah menjadikan orang yang tepat, maka sesungguhnya sesulit apapun rintangan, sebesar apapun hambatannya, pasti semua akan dimudahkan oleh Allah menuju kejenjang pernikahan.
5. Menghargai jodoh yang sudah datang
Jika jodoh sudah dating pasti akan dimudahkan, lalu apalagi yang harus kita lakukan? Kita harus menghargainya, menghargai jodoh yang dating dari Allah bukanlah hal yang mudah, karena ketika sudah diberikan jodoh, pasti akan memudahkannya lagi, dan seharusnya menghargai jodoh yang diberikan Allah itu, dengan menerima segala kekurangannya, serta mensyukuri semua yang ada, karena Allah tahu yang terbaik untuk kita.
.
Kerisauan adalah sebuah hal yang manusiawi, perlu kita ketahui sebenarnya hal tersebut tidak membawa dampak apapun kecuali membuat kita semakin tertutup dengan kebaikan, dan justru mendekatkan diri dengan kesedihan. Maka dari itu dengarlah kata hati, karena sesungguhnya manusia dikaruniakan Allah indera yang dapat mengetahui dan memahami perasaan pasangannya, apabila kita yakin dengan pilihan hidup kita, tanyalah sekali lagi pada Allah, adakah dia ditakdirkan untuk kita, setelah itu serahkanlah semua kepada Allah SWT.
.
Dengan adanya penjelasan ini semoga dapat menambah pengetahuan kita. Dan terus berusaha untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Allah yang menentukan jodoh, jadi jika sesuai dengan ciri-ciri jodoh pilihan Allah, maka ta,aruf dan menikahlah sesuai ajaran Islam.
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: http://beritarapenpus.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *