“Candi Budha Terbesar di Dunia Terletak di Indonesia? Benarkah?”

Jawabannya Betul sekali, Candi Borobudur merupakan salah satu candi budha terbesar di dunia dan ada di Indonesia. Kadang kita suka lupa dengan ini. Di negara kita banyak peninggalan yang sifatnya luar biasa, namun dianggap biasa saja. Megahnya artitektur candi borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia. Sudah ditetapkan langsung oleh UNESCO.
.
Wisata ke candi borobudur bermanfaat banyak buat kita. Selain liburan, sekaligus juga belajar sejarah dan mengagumi hebatnya budaya serta kemampuan leluhur kita dulu. Kekayaan budaya dan sejarah candi ini sudah di akui dunia, ada baiknya kita mengetahuinya.
.
Taman wisata candi borobudur menjadi tujuan tempat wisata favorit di Jawa tengah. Tak hanya sebagai tempat wisata, peninggalan bersejarah ini juga berfungsi kembali menjadi salah satu tempat keagamaan dan ziarah agama Budha di Indonesia.
.
Hal yang mencolok dari candi Borobudur yaitu Relief dan Stupa. Selain indahnya kombinasi kedua hal ini, ternyata makna yang terkandung juga sangat dalam. Struktur bangunan Borobudur dibangun dengan menggunakan gaya mandala. Selain itu juga melambangkan konsep alam semesta dalam kepercayaan budha. Candi ini berbentuk kotak, memiliki 4 pintu masuk, dan pusat candi yang berbentuk lingkaran.
.
Ada 3 zona di candi borobudur ;
1. Kamadhatu. Berupa 160 relief dinding yang melambangkan alam dunia.
2.Rupadhatu. Terdiri dari ukiran relief dan patung Buddha. Ada kurang lebih 328 patung. melambnagkan alam peralihan, alam dimana manusia terbebas dari urusan dunia.
3. Arupadhatu. Zona ini adalah zona lingkaran di pusat candi, berupa tiga serambi yang mengarah ke kubah di bagian tengah. Area ini tidak ada hiasan relief, menandakan kemurnian tertinggi.
.
Nah itulah sedikit ulasan mengenai Candi Borobudur. Bagi kamu yang belum punya rencana pergi berlibur diminggu ini, Candi Borobudur bisa jadi solusinya. Semoga bermanfaat ^_^
.
Salam Hangat, Fayda Team
Sumber: https://www.nativeindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *