“5 Cara Mempercantik Diri bagi Muslimah”

Pada dasarnya, setiap wanita dilahirkan dengan kecantikan masing-masing. Namun sayangnya, kebanyakan orang masih belum puas dengan apa yang telah dimilikinya. Mereka berlomba-lomba mempercantik diri dengan penggunaan krim-krim pemutih, make-up, bahkan lewat operasi plastik. Ya mungkin tindakan-tindakan tersebut bisa membuat kita menjadi cantik secara fisik. Tapi bagaimana islam memandang hal itu? Ketahuilah wahai para muslimah, cantik menurut islam bukan hanya sekedar malasah fisik. Tapi juga perihal jiwa dan hati.
.
Mempercantik diri memang disunnahkan dalam islam. Sebab Allah SWT itu Maha indah dan Dia mencintai keindahan. Namun dalam mempercantik diri ada batas-batas yang harus dipahami oleh para wanita muslim. Apakah itu? Yuk langsung saja simak cara mempercantik diri menurut islam :
1. Rajin berwudhu
Setiap umat muslim pasti pernah berwudhu. Wudhu adalah salah satu aktivitas yang dilakukan sebelum solat sebagai penghilang najis dan penyempurna ibadah. Namun berwudhu juga bisa mencerahkan wajah loh! Ketika kita membasuh muka dengan air wudhu, noda dan kotoran akan luntur. Tak hanya itu, berwudhu juga menggugurkan dosa-dosa. Maka itu perbanyaklah berwudhu disetiap waktu. Seperti saat hendak keluar rumah dan sebelum tidur malam.
Dikatakan oleh Abu Hurairah ra: “Aku mendengar Rasululah Saw bersabda, “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
2. Shalat tahajjud
Mengamalkan shalat tahajjud memang tidaklah mudah. Pasalnya shalat ini dilakukan di sepertiga malam terakhir (sekitar jam 3 dini hari). Saat dimana kita sedang tertidur nyenyak. Tak ayal, banyak orang yang lalai dan malas untuk menjalani ibadah sunnah ini. Namun tahukah Anda, ternyata sholat tahajjud tidak hanya meningkatkan peluang doa kita dikabulkan. Tetapi aura dari wajah kita juga akan terpancar dengan indah. Walaupun tak mengenakan krim pemutih pun, Anda akan terlihat cerah dan bersih. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).
3. Rajin membaca Al-Quran
Al-Quran bukan hanya sekedar buku karangan manusia. Namun sebuah firman Allah SWT yang teramat mulia. Dengan rutin membaca Al-Quran, jiwa akan tenang dan wajah kita menjadi berseri seolah mendapatkan nur dari Sang Ilahi. Maka itu, selalu sempatkanlah membaca Al Quran di setiap hari. Lakukan dengan ikhlas dengan niat beribadah kepada Allah SWT maka niscaya inner beauty-mu akan terlihat dan membuat kagum orang lain.
4. Murah senyum
Seseorang yang murung, cemberut dan selalu tampak cuek pasti akan terlihat menakutkan. Berbeda dari orang-orang yang wajahnya dihiasi senyum, mereka selalu menghadirkan kesejukan di hati orang lain yang memandangnya. Menurut penelitian, tersenyum dapat membuat orang awet muda. Tersenyum juga bisa memancarkan kecantikan dalam hati (inner beauty). Dengan tersenyum, kita akan disayangi orang lain dan mudah memperoleh sahabat.Dari Abu Dzar ra, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:
“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).
5. Mengenakan jilbab syar’i
Wanita cantik bukanlah mereka yang mengumbar paras eloknya kepada lelaki yang bukan muhrimnya. Berdasarkan ajaran islam, kecantikan wanita harus disimpan hanya untuk suaminya. Maka itu, islam mewajibkan wanita agar mengenakan jilbab dan mengulurkannya menutupi dada. Seorang wanita yang berjilbab dengan pakaian panjang pastinya akan terlihat lebih anggun dan cantik dibandingkan wanita berpakaian minim yang mengumbar auratnya.
Dengan memakai jilbab, wanita juga tampak lebih terhormat serta terhindar dari risiko pelecehan. Perintah menutup aurat ini dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. al-Ahzab ayat: 59)”
.
Demikianlah beberapa cara mempercantik diri menurut islam. Cukup mudah, bukan? Islam memang tidak pernah mempersulit hambanya. Dan yang perlu diingat lagi, Allah SWT tidak pernah menilai seseorang dari rupanya. Jadi jangan sampai kita melakukan hal-hal yang berbahaya hanya demi memperoleh kecantikan fisik. Syukuri dirimu apa adanya, tersenyumlah dan perbanyaklah beribadah maka kecantikan abadi akan terpancar di wajahmu. Tak lupa jalankan rukun iman, rukun islam, imam dalam islam, Hubungan akhlak dengan iman, islam, dan ihsan.
.
Salam Hangat, MyHayra Fayda Team
Sumber : https://dalamislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *