“5 Waktu Terbaik Dalam Bersedekah”

“Barsegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah” (HR. Imam Baihaqi). Ibnul Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah dihari lain adalah seperti sedekah dibulan Ramadhan dibandingkan sedekah dibulan bulan lainnya.”
.
Allah memerintahkan kita untuk bersedekah karena didalam rizki kita terdapat hak orang lain yang harus diberikan. Sebagaimana firman-Nya dalam Surah Ali ‘Imran ayat 133-134:
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”
.
Namun, Tahukah kamu? kalau ada 5 waktu terbaik untuk bersedekah. Selain mendapatkan pahala, doa pada saat sedekah di waktu-waktu tersebut akan cepat terkabul. Apa saja kelima waktu terbaik tersebut? Berikut ulasannya:

1. Saat masa Kritis, Bencana dan Kebutuhan Hidup Melilit
Dari Abu Hurairah dan Abdullah bin Hubsyi Al Khots’ami, bahwa Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam pernah ditanya sedekah mana yang paling afdhol dan beliau menjawab: “Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR. An-Nasa’I no. 2526. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). Dalam hadits tersebut jelas bahwa, meskipun dalam keadaan susah dan serba kekurang diusahakan untuk tetap bersedekah. Doa saat bersedekah pada saat susah insyallah dijabah oleh Allah.
2. Saat peristiwa yang menakutkan seperti saat terjadi gerhana matahari atau saat peperangan
“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda diantara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lainnya seseorang. Jika melihat gerhana tersebut, maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakan sholat dan bersedekahlah” (HR. Bukhari no. 1044 dan Muslim no 901)
3. 10 Hari Pertama Dzulhijjah
Sedekah termasuk amalan yang sangat baik dilakukan di awal Dzulhijjah. Menyisihkan rezeki kepada orang yang berhak pada bulan ini akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda.
“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya : “Tidak pula Jihad dijalan Allah?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Tidak pula jihad dijalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun” (Hr. Abu Daud no.2438 At Tirmidzi no.757, Ibnu Majah no. 1968)
4. Bulan Ramadhan
Selain mendapatkan ganjarang yang berlipat ganda, memadukan antara puasa dan sedekah merupakan amalan yang dapat memasukan seseorang ke dalam surga. Sebagaimana sabda Rasulullah:
“Sesungguhnya di surga ada kamar-kamar yang bagian luarnya terlihat dari dalam, dan bagian dalamnya terlihat dari luarnya. Allâh siapkan kamar-kamar tersebut bagi orang-orang yang memberi makan, melembutkan perkataan, selalu berpuasa, dan shalat di tengah malam saat manusia tidur.” (HR. Al-Baihaqi no.301).
5. Hari Jum’at
Secara umum amalan apa pun sangat baik jika dilakukan pada hari Jumat. Hal tersebut diterangkan dalam hadist riwayat Muslim no. 2912, sari Abu Hurairah, Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda:
“Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari jum’at. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukan kedalam Surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surge. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim no 2912)
.
Subhanallah, Ayo kita berlomba lomba berbuat kebaikan, semoga kebaikan kita dicatat oleh allah, sebagai tabungan untuk diakhirat kelak, Aamiin…
.
Salam Hangat, MyHayra Fayda Team
Sumber : https://ayohaji.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *