“Liburan Bersama Sikecil Sholeh & Sholehah”

Ayah, bunda, libur panjang bagi sikecil sholeh dan sholehah telah tiba. Liburan bagi anak bisa jadi satu hal yang ditunggu-tunggu. Anak-anak selalu suka bermain dan mencoba hal yang baru yah, bun. Itulah mengapa, liburan sudah menjadi kebutuhan hampir setiap keluarga saat ini. Selain untuk bersenang-senang, sebenarnya apa saja manfaat penting liburan bagi anak? Berikut alasan mengapa ayah dan bunda perlu mengajak si kecil berlibur.

1. Menghilangkan Stres

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa stres, lho Yah, Bun dengan segala rutinitas mereka. Apalagi jika mereka harus mengikuti les tambahan setiap harinya.

2. Sarana Belajar yang Seru Bagi Anak

Saat liburan keluarga, anak tidak hanya diberi kesenangan bermain saja, tapi Ayah dan Bunda harus pintar memilih objek wisata yang juga sebagai sarana edukasi untuk anak. Ajaklah anak pergi ke beberapa museum, belajar bercocok tanam, atau belajar mengenal budaya di beberapa objek wisata budaya. Belajar sambil liburan pasti seru! Pengalaman selama liburan akan membuat anak kaya akan pengalaman mengenai budaya, seni, music, dan kehidupan sosial masyarakat lain.

3. Membangun Rasa Cinta Dengan Keluarga

Apakah Ayah dan Bunda sehari-hari sangat jarang menghabiskan waktu dengan anak? Nah! Liburan adalah media yang penting untuk menumbuhkan rasa cinta keluarga. Jauhkan ponsel Ayah dan Bunda, berikan perhatian ekstra kepada si kecil, agar mereka merasa diperhatikan dan masih ada kasih sayang yang tercurah untuk mereka.

4. Melatih Anak Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial Lain

Pergi ketempat liburan, pasti banyak menjumpai banyak orang. Jangan biarkan anak asik sendiri bermain dengan sesama anggota keluarga atau malah bermain ponsel, biarkan mereka berbaur dengan anak-anak asli penduduk lokal. Selain menambah teman baru, ini sebagai ajang latihan untuk ‘memoles’ kecakapan berinteraksi dengan orang lain, juga anak akan lebih percaya diri.

5. Membuat Kenangan yang Tidak Terlupakan

Usia anak-anak memang harusnya diisi dengan semua hal yang menyenangkan. Liburan bisa menjadi salah satu ‘komposisi’ kenangan masa kecil. Ayah dan Bunda jangan menuntut anak untuk terus belajar dan mendapatkan nilai yang bagus. Jika memungkinkan, rencanakanlah liburan dengan jadwal yang rutin, kenangan saat liburan akan banyak cerita yang mereka rekam dalam memori kecil mereka, energi positif pun akan mereka rasakan setelah liburan usai.

Pastikan persiapan perjalanan keluarga agar liburan menjadi nyaman dan aman. Berikut beberapa tips liburan bersama anak yang bisa Ayah dan Bunda aplikasikan nih, yuk simak.

  1. Pastikan anak anak dalam keadaan sehat
    Hal pertama dan paling penting saat Anda hendak berlibur dengan membawa serta anak-anak adalah memeriksa kondisi kesehatan mereka. Daya tahan anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Jadi, jangan sampai selama Anda bepergian, anak Anda menjadi sakit karena kondisinya yang kurang fit.
  2. Makanan kesukaan anak anak
    Jangankan anak-anak, orang dewasa pun terkadang sering merasa lapar saat sedang di jalan. Saat perjalananan jauh atau macet di tengah jalan, anak-anak bisa makan kudapan tersebut. Hal ini juga bisa menjadi persiapan saat macet di tengah jalan jika Ayah dan Bunda belum menemukan tempat makan. Jangan sampai anak anda kelaparan di tengah jalan
  3. Baju ganti anak anak
    Ayah, Bunda cobalah untuk membawa baju ganti untuk anak-anak. Selama berlibur, anak-anak pasti akan cenderung aktif. Baju mereka bisa saja basah atau kotor selama perjalanan. Jangan sampai anak anak menjadi sakit karena bajunya dibiarkan basah. Hal ini sangat penting terutama untuk anak-anak Ayah dan Bunda yang masih balita.
  4. Persiapan Obat
    Barang lainnya yang penting untuk dibawa adalah obat-obatan. Bawa obat-obatan seperti pereda demam, obat anti mabuk, minyak kayu putih, obat merah dan plester untuk persiapan. Tentunya, kita nggak pernah mau kejadian buruk terjadi selama perjalanan apalagi saat Ayah, Bunda, dan sikecil berlibur. Jadi sebisa mungkin cobalah untuk membawa obat-obatan tersebut selama perjalanan bersama dengan anak-anak.
  5. Pilih tempat wisata untuk anak anak
    Hal yang paling penting lainnya yang bisa Ayah dan Bunda lakukan adalah dengan memilih tempat wisata yang tepat untuk anak-anak. Carilah tempat wisata yang ramah anak. Misalnya tempat wisata yang memang menyediakan tempat bermain atau memang tempat wisata yang edukatif untuk anak-anak. Jadi Ayah dan Bunda tidak hanya liburan tapi juga menambah pengetahuan si kecil.

Nah! Ayah, Bunda, bagaimana? Apa Ayah dan Bunda sudah memiliki rencana berlibur dengan sikecil Sholeh dan Sholehah? Jangan lupa aplikasikan tips liburan bersama sikecil di atas yaa..

Salam Hangat, MyHayra Fayda Team

Sumber : www.orami.co.id
blog.reddoorz.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *