“SEDEKAH JANGAN MENUNGGU MISKIN”

Tidak ada ceritanya orang yang terus menerus bersedekah akhirnya jatuh miskin. Yang ada justru sebaliknya. Mereka yang bersedekah, terus menerus bertambah kaya. Lihatlah sosok sahabat Abdurrahman bin Auf yang walau sudah menginfaqkan “Segunung” hartanya dijalan Allah, ternyata hartanya makin berlimpah dan berlimpah. Syarat utama dalam memberi adalah keikhlasan.

.
Kita juga diingatkan bahwa harta yang kita miliki merupakan cobaan dari Allah, apakah kita mampu amanah dalam menggunakannya. Seperti firman Allah dalam Surat Al-Imran Ayat 186, “Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang menyekutukan Allah, gangguan yang banyak menyakitkan hati.”
.
Ada 5 alasan mengapa sebaiknya kita bersedekah sekarang juga tanpa perlu menunggu rezeki berlimpah :
1. Nilai sedekah di saat sulit lebih besar daripada di saat lapang. Tentu saja bersedekah lima puluh ribu Rupiah di saat kita hanya punya uang seratus ribu Rupiah, adalah lebih bernilai dibandingkan sedekah satu juta Rupiah di saat kita memiliki harta Milyaran.
2. Jika sewaktu miskin pelit bersedekah, apalagi ketika kaya. Faktanya, miskin dan kaya hanyalah masalah mental. Orang yang miskin hatinya, ketika ia tak punya uang akan pelit, ketika banyak uang pun akan pelit juga. Sedangkan seseorang dengan kekayaan hati, ketika miskinnya ia suka berbagi, apalagi setelah ia kaya
3. Termasuk sedekah terbaik adalah yang dilakukan di masa takut miskin dan berharap kekayaan. Jika sudah kaya nanti, dengan kelimpahan rezeki, bersedekah menjadi biasa-biasa saja. Justru sedekah terbaik dilakukan ketika kita masih mengharap kekayaan dan takut kemiskinan.
4. Rezeki milik kita adalah yang kita gunakan dan sedekahkan, bukan yang kita tinggalkan. Banyak orang menumpuk kelebihan rezekinya, tak mau disedekahkan karena merasa sayang. Akhirnya ketika meninggal, tumpukan rezeki itu diperebutkan oleh ahli warisnya. Sementara sang mayyit hanya bertemankan amalan shaleh sekedar yang pernah ia sedekahkan saja.
5. Kita berkejaran dengan kematian. Kita perlu bersedekah sekarang juga tanpa menunggu-nunggu datangnya rezeki, karena hakikatnya kita setiap harinya sedang berkejaran dengan kematian. “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An Nisa: 78)
.
Keutamaan bersedekah yang Allah janjikan:
1. Sedekah dapat menghapus dosa
2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir
3. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah
4. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah
5. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang
6. Sedekah dapat membebaskan kita dari siksa kubur
7. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka
8. Sedekah merupakan salah satu amal yang tidak putus sampai mati
9. Sedekah menghindarkan segala kita dari segala bala (marabahaya)
.
Penyebab Palaha Sedekah Terhapus
1. Menyebut-nyebut pemberian sedekah
2. Menyakiti orang yang bersedekah
3. Menampakkan amalnya kepada manusia karena ingin mendapat pujian
.
Oleh karena itu, kaum muslimin yang akan bersedekah, hendaknya menjauhkan dirinya dari perbuatan riya’ (ingin pamer & mendapat pujian orang), karena perbuatan ini bisa menghapus pahala sedekah sama sekali, bahkan mendapatkan dosa.
.
Salam Hangat, MyHayra Fayda Team
Sumber : http://www.kontakbanten.co.id
http://sulsel.dompetdhuafa.org
http://pedulimuslim.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *