Cara Menjaga Kesehatan Dalam Islam

Islam mengajarkan bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara yang tepat dan benar tentunya. Ketika kita menjalankan kehidupan dengan cara yang baik dan benar tentunya akan memberikan dampak pada kesehatan tubuh kita.
 
Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh menurut ajaran islam yang baik dan benar diantaranya yaitu :
 
1). MAKAN SECUKUPNYA
Makan merupakan sesuatu hal yang wajib yang harus kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
 
Jadi kita harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh untuk melangsungkan atau menjalankan kehidupan.
 
Akan tetapi dalam ajaran islam dianjurkan untuk makan secukupnya seperti sabda Rasulullah S.A.W yang artinya.
 
“KAMI ADALAH KAUM YANG TIDAK MAKAN SEBELUM LAPAR DAN BILA MAKAN TIDAK TERLALU BANYAK (TIDAK SAMPAI KEKENYANGAN).. ” (MUTTAFAQ ALAIH)
 
Di dalam perut kita terdapat 3 ruangan, yang pertama untuk makanan, yang kedua untuk air, dan yang terakhir untuk udara. Ketika 3 ruangan tersebut selalu terisi dan tercukupi nutrisinya dengan cukup, maka tubuh kita akan selalu terjaga kesehatanya.
 
Ketika di bulan ramadhan berpuasa sebulan penuh, kondisi ini juga dapat menyeimbangkan kesehatan tubuh manusia.
 
2). JAGALAH KEBERSIHAN
Dalam islam kebersihan merupakan faktor yang paling diperhatikan dan bahkan diperhatikan secara khusus. Sebagaimana yang terdapat dalam hadist kebersihan yang paling terkenal dan mendunia yaitu ” KEBERSIHAN SEBAGIAN DAPI PADA IMAN “
 
Jadi jagalah kebersihan dalam tubuh kita setiap hari dan dimanapun kita berada, seperti yang dilakukan nabi Muhammad Saw. Jadi mulailah menerapkan hidup sehat dan bersih setiap hari jika anda ingin memiliki tubuh yang selalu sehat.
 
3). BIASAKAN BANGUN SEBELUM SUBUH
 
Bangun pagi merupakan suatu kebiasaan yang sangat baik untuk dilakukan dan tentunya memiliki banyak sekali manfaat tidak hanya untuk kesehatan. Bangun pagi sebelum subuh selain untuk melakukan sholat subuh secara berjamaah, bangun pagi juga memiliki beberapa manfaat diantaranya. :
-Menyegarkan tubuh
-Otak berfungsi maksimal
-Mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi
-Terhindar dari sifat malas
-Terhindar dari berbagai penyakit
 
Jadi bangun pagi tidak hanya memberikan kesehatan tubuh, namun dengan melakukan bangun pagi sebelum subuh kita juga akan mendapatkan banyak sekali khasiat luar biasa.
 
4). HINDARI SIFAT MARAH
 
Marah memang pernah dirasakan setiap umat manusia, perasaan marah merupakan perasaan yang sangat tidak mengenakan. Sifat marah dapat menghancurkan diri kita sendiri, karena sesungguhnya sifat marah adalah sifatnya setan.
 
Nabi Muhammad Saw pernah memberikan nasihat yang berisi ” JANGAN MARAH 3X ” yang dikatakan sebanyak tiga kali.
 
Ini menunjukan hakikat dan kekuatan muslim terletak pada kebersihan jiwa bukannya terletak pada jasad.
 
Banyak sekali orang yang bertanya. Bagaimanakah cara kita untuk mengatasi atau melawan sifat marah tersebut?
 
Ada beberapa cara yang harus kita lakukan ketika kita berada pada kondisi marah tersebut, yaitu :
 
Ubahlah posisi, disini maksudnya ketika kita berdiri maka duduklah, ketika masih marah maka berbaringlah, ketika masih marah juga maka berwudhu lah, ketika masih marah juga maka berwudhu lah dan lakukan sholat 2 rakaat untuk mendapatkan ketenangan jiwa dan menghilangkan kegelisahan.
 
5). BUDIDAYAKAN JALAN KAKI
 
Di zaman moderen seperti sekarang ini sangatlah jarang bahkan sudah tidak ada lagi orang yang menggunakan kaki untuk bepergian kesana kesini.
 
Padahal berjalan kaki tidak hanya terkenal khasiatnya dalam ajaran islam tetapi dalam ilmu kedokteran juga sangat dianjurkan untuk berjalan kaki.
Jadi sempatkanlah walaupun hanya 1 minggu sekali untuk berjalan kaki atau olahraga. Karena dengan melakukan olahraga tentunya akan memberikan kesehatan dan menjauhkan berbagai macam penyakit. Ingatlah kesehatan itu tidak ternilai harganya.
 
6). TANAMKAN SIFAT PEMAAF
 
Sifat pemaaf merupakan sifat yang sangat sulit untuk dimiliki, karena sebagian besar orang sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain. Akan tetapi dengan kita belajar memaafkan seseorang kita akan mendapatkan ketentraman hati dan jiwa.
 
Selain itu memaafkan kesalahan seseorang juga dapat membebaskan kita dari belenggu api kemarahan. Walaupun akan terasa sangat sulit tapi cobalah dari sekarang untuk mencoba dan terus mencoba sampai bisa memaafkan orang lain.
 
Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan menurut ajaran islam yang mengajarkan kita untuk menjalankan hidup dengan benar dan tepat. Demikian pembahasan tentang 6 cara menjaga kesehatan dalam islam. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesehatan. TERIMA KASIH
 
Salam Hangat, MyHayra Fayda Team
Sumber : www.duniatrik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *