Apa yang harus dilakukan jika anak nakal?

Apa yang harus dilakukan jika anak nakal?
 
Jika anak tidak melakukan apa yang Mam inginkan, jangan berikan hukuman fisik padanya. Hukuman fisik menjadi kurang efektif karena itu akan menghentikan sikap anak untuk sementara waktu tetapi tidak mengajarkan anak untuk mengubah perilakunya.
 
jadi, apa yang harus mam lakukan?
 
Mam bisa menggunakan metode time – out ..
Bagaimana cara menggunakan metode time – out?
 
Jika perilaku yang dilakukan anak menurut Mam tidak baik, maka segera beritahu anak dan berikan peringatan padanya. Usahakan selalu terlihat tenang dan tidak terlihat marah. Jika anak terus nakal, dengan tenang ambil tindakan dengan memberikan hukuman time – out.
 
Hukuman time – out yaitu mengatur waktu (menggunakan penghitung waktu) selama beberapa lama dan selama waktu itu anak harus berada pada tempat yang sama . Selama masa time – out ini, Mam tidak boleh berbicara kepada anak tetapi terus awasi dia. Jika anak melanggar peraturan, dengan tenang kembalikan ia ke tempat awalnya dan putar ulang/hitung ulang waktu. Jika time – out sudah berakhir, biarkan ia meninggalkan tempatnya sendiri.
 
Bagaimana cara agar anak mau melakukan sikap yang diinginkan oleh Mam?
 
Salah satu cara terbaik agar anak mau melakukan sikap terpuji yaitu dengan cara menerapkan sistem penghargaan. Anak-anak akan belajar bahwa perilaku buruk tidak akan ditolerir dan perilaku baik dihargai. Hal ini dapat dilakukan jika si kecil berusia lebih dari 2 tahun. Dalam melakukan sistem ini orang tua harus sabar dan menjadi panutan. Pilih 1 – 2 sikap yang dijadikan target si kecil akan berubah dan pilih hadiah yang disukai oleh anak. Misalnya jika si kecil berhasil melakukan sesuatu, buatkan ia cemilan favoritnya.
 
Selain itu jelaskan perilaku apa yang diinginkan oleh Mam dan penghargaan apa yang akan diberikan kepada anak. Contohnya, minta anak untuk jam 8 malam sudah menggunakan piyama dan sikat gigi. Jika si kecil melakukannya maka esok pagi akan ada roti bakar kesukaannya. Tetapi jika ia menundanya, maka tidak akan ada roti bakar.
 
Mam juga bisa melakukan permainan dengan menggunakan tabel perilaku. Tulis kesemua perilaku yang seharusnya dilakukan oleh anak, setelah itu berikan tanda dengan stiker atau bintang setiap perilaku yang sudah ia lakukan. Jika mencapai jumlah tertentu maka anak berhak mendapatkan hadiah.
 
Hal utama yang harus dipahami oleh setiap orang tua yaitu selalu terima kepribadian dasar anak. Apakah si kecil pemalu, terlalu aktif, dsb. Cobalah untuk menghindari situasi yang dapat membuat si kecil menjadi rewel, lelah dan bosan. Jangan mengkritik anak di depan orang lain. Jelaskan kepada anak jika perilakunya buruk, tetapi jangan memberikan cap padanya. Pujilah anak ketika memang dia melakukan sikap yang baik.
 
Salam Hangat, MyHayra Tim
more info : 0812 2003 7877

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *