15 Ayat Tentang Jodoh Dalam Al-Qur’an

15 Ayat Tentang Jodoh Dalam Al-Qur’an
 
Jangan terlalu bahagia ketika dilirik banyak lelaki karena belum tentu kamu dijadikan ISTRI
Tetapi bahagialah ketika dilirik ibu-ibu karena siapa tau kamu diangkat sebagai MANTU
By @anis.mufina
 
Jodoh adalah salah satu misteri yang senantiasa dipertanyakan baik oleh laki-laki ataupun perempuan, sebab hanya Allah yang mengetahui dan menentukan jodoh untuk hamba-Nya. Jodoh adalah sebuah cerminan diri, jika seseorang itu baik, Inshaa Allah akan mendapatkan jodoh yang baik pula, dan sebaliknya. Jika seseorang itu baik tetapi mendapatkan jodoh yang belum sebaik dirinya, hal itu merupakan ujian dari Allah agar menuntunnya ke jalan kebaikan. Hanya Allah yang mengetahui. Wallahualam. Berikut 15 ayat Al-Qur’an tentang jodoh :
 
1. QS. An-Nur Ayat 26
“Wanita wanita yang keji adalah untuk laki laki yang keji, dan laki laki yang keji adalah untuk wanita wanita yang keji pula. Dan wanita wanita yang baik adalah untuk laki laki yang baik dan laki laki yang baik adalah untuk wanita wanita yang baik pula”. (QS. An-Nur : 26). Jelas dalam firman tersebut bahwa Allah memberikan jodoh berdasarkan akhlak dari hamba-Nya, sebab itulah hendaknya setiap orang memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya agar kelak mendapat jodoh yang baik pula.
 
2. QS. An-Nur Ayat 3
“Laki laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan yang musyrik, dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki laki yang berzina atau laki laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang orang yang mukmin”. (QS. An-Nur : 3). Firman ini juga merupakan cermin dari jodoh yang Allah ciptakan untuk hamba Nya, maka kita wajib menjaga diri dari segala perbuatan maksiat agar kelak mendapatkan jodoh yang mengajak kepada kebaikan juga.
 
3. QS. Al-Maidah Ayat 5
Allah menghalalkan seorang laki laki dan wanita yang sholeh yaitu yang masing-masing menjaga kehormatan dirinya untuk menyatukan hubungan mereka dalam ikatan yang halal. Merupakan sebuah nikmat terindah dari Allah jika dua orang yang saling mencintai bersatu dalam ikatan yang halal dengan niat beribadah kepada Nya. “Dan dihalalkan mengawini wanita yang menjaga kehormatan diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan diantara orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya tidak dengan maksud berzina”. (QS. Al-Maidah : 5).
 
4. QS. Al-Baqarah Ayat 221
Jodoh berarti sesuatu yang di ridhoi Allah, jika mencintai lawan jenis yang musyrik tandanya bukan mencintai karena Allah, karena yang harus diutamakan adalah agamanya terlebih dahulu. “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita-wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik walaupun dia lebih menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan ijin Nya”. (QS. Al-Baqarah : 221)
 
5. QS. An-Nur Ayat 32
“Dan nikahilah orang yang masih membujang diantara kamu dan juga orang-orang yang layak menikah dari hamba-hamba sahayamu yang laki laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan pada mereka denga karunia Nya dan Allah maha luas pemberian Nya”. (QS An Nur : 32). Tak perlu khawatir jika anda mendapat jodoh yang mungkin masih berjuang untuk mapan, sebab Allah memberikan jodoh disertai dengan jalan mendapat rejeki yang lapang.
 
6. QS. Ar-Rum Ayat 21
Jodoh akan menjadikan dua orang menjadi tentram hatinya dan memiliki kasih sayang satu sama lain. “Dan diantara tanda-tanda kekuasan Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan Nya diantaramu rasa kasih dan sayang”. (QS. Ar-Rum : 21)
 
7. QS. Al-Furqan Ayat 74
“Dan orang-orang yang berkata : Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang orang yang bertaqwa”. (QS. Al-Furqan : 74).
 
8. QS. Ar-Rad Ayat 38
Allah telah menciptakan jodoh sejak jaman terdahulu, sejak Nabi Adam AS diciptakan telah Allah ciptakan Hawa sebagai jodohnya. “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan”. (QS. Ar-Rad : 38).
 
9. QS. Az-Dzariyat Ayat 49
Allah menciptakan jodoh agar manusia senantiasa bersyukur dan mengingat kebesaran Allah, sebab jodoh merupakan sebuah anugrah, darinya akan didapatkan teman hidup sebagai pasangan dan penenang hati di dunia hingga di akhirat nanti. Jodoh setiap manusia sudah ditentukan oleh Allah SWT. “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (QS. Az-Dzariyat : 49).
 
10. QS. An-Nisa Ayat 1
“Hai sekalian manusia bertaqwalah kepada Tuhan mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri dan dari padanya Allah mencitpakan istri nya, dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama Nya kamu saling mencinta satu sama lain”. (QS. An-Nisa : 1).
 
11. QS. Thaaha : 39
Jodoh tidak hadir begitu saja, ada yang mendapatkan jodoh di usia muda, ada pula yang sebaliknya, itulah sebabnya setiap manusia harus berikhtiar dan berharap hanya kepada Allah. “Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari Ku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan Ku”. (QS. At-Thaahaa : 39)
 
12. QS. Ali-Imran Ayat 14
Setiap lelaki sejatinya memiliki rasa tertarik atau minat terhadap wanita, hal itu merupakan kodrat dari Allah sebagai salah satu alasan diciptakannya jodoh. “Dijadikan indah bagi manusia kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan”. (QS. Ali-Imran : 14)
 
13. QS. Al-Anbiya Ayat 89
Do’a ini adalah salah satu do’a dalam ayat Al Qur’an yang diungkapkan oleh Nabi Allah sebagai wujud berharap mendapatkan jodoh yang terbaik, jodoh akan melenyapkan seseorang dari rasa kesendirian dan kesepian, juga kelak memberikan keturunan sebagai pelengkap dan amanah dari Allah. “Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik”. (QS. Al-Anbiya : 89)
 
14. QS. Yassin Ayat 36
“Maha suci Tuhan yang telah menciptakan makhluk-makhluk semuanya berpasangan baik apa yang ditumbuhkan oleh bumi, atau dari diri mereka, ataupun dari apa yang mereka mengetahuinya”. (QS. Yassin : 36). Dari
firman tersebut Allah menjamin kepada hamba Nya bahwa Dia telah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan, Allah memberikan pasangan tersebut sebagai jodoh untuk jalan beribadah kepada Nya.
Seseorang yang belum dipertemukan oleh Allah dengan jodohnya hendaknya senantiasa memperbaiki diri dan berikhtiar agar mendapat jodoh di waktu terbaik yang diatur oleh Allah. Bagi yang telah dipertemukan dan telah memiliki hubungan yang halal juga wajib bersyukur, memperbaiki diri, dan saling mengajak dalam kebaikan agar kelak menjadi jodoh hingga di akhirat kelak. Kemudian untuk tanda tanda jodoh dari Allah sendiri memang terkadang tidak diduga – duga.
 
15. QS. An-Najm Ayat 45
“Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita”. (QS. An-Najm : 45).
 
Dari firman-firman Allah yang telah disebutkan di atas, jelas bahwa jodoh telah diciptakan dan dijamin keberadaannya oleh Allah. Tentunya Allah menciptakan jodoh karena rasa kasih sayang Allah untuk hamba Nya.
 
Senantiasa jaga diri, berikhtiar, dan mengharap serta menerima jodoh karena Allah. Semoga yang belum dipertemukan dengan jodohnya dapat segera dipertemukan dan semoga yang sudah bertemu dapat dihangatkan hubungannya, dieratkan, dibahagiakan, dan dirahmati. Aamiin
 
Salam Hangat, MyHayra Fayda Team
Sumber : https://dalamislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *