DO’A-DO’A KETIKA HADAPI MUSIBAH

Bencana alam merupakan suatu musibah yang tidak pernah kita harapkan kedatangannya. Terdapat berbagai macam bentuk bencana alam yang sering terjadi seperti seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami dan lain sebagainya.
 
Dalam kitab Al-Azkar karya Imam Nawawi disebutkan bahwa Nabi Saw. mengajarkan Sayidina Ali sebuah do’a yang dibaca saat bencana alam. Dengan membaca doa ini, Allah akan menghilangkan bencana tersebut.
Do’a dimaksud sebagai berikut:
 
بِسْمِ اللهِ اْلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ
 
“Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.”
 
“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.” (HR. Ibnu al-Sunni dari Sayyidina Ali)
 
Adapun do’a lain yang dapat kita baca adalah sebagai berikut :
1. Do’a Perlindungan dari Bencana
 
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ القَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ
 
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari musibah yang tidak kuat aku tanggung, sebab-sebab datangnya kebinasaan, takdir yang membawa akibat buruk dan kegembiraan musuh atas penderitaanku.”
 
Do’a ini berasal dari sebuah hadits yang shahih berikut ini:
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ القَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ»
 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam berlindung (kepada Allah Ta’ala) dari musibah yang tidak kuat ditanggung, sebab-sebab datangnya kebinasaan, takdir yang membawa akibat buruk dan kegembiraan musuh.” (HR. Bukhari no. 6347 dan Muslim no. 2707)
 
2. Do’a Menghadapi Musibah
Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uuna. Allaahumma ajirnii fii mushiibatii wakhluf lii khairan minhaa.
 
Artinya : Sesungguhnya kami memiliki Allah dan sesungguhnya kami kembali kepada-Nya. Ya Allah berilah kami pahala dalam musibah ini dan berilah pengganti yang lebih baik. (HR. Muslim)
 
3. Do’a Ketika Menghadapi Kesulitan
 
Allahumma Laa shla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan
 
Artinya : Ya Allah, tiada yang mudah selain yang kau mudahkan dan Engkau jadikan kesusahan itu mudah jika Engkau menghendakinya jadi mudah. (HR. Ibnu Hibban)
 
Wallahu a’lam bish-shawab
 
Salam Hangat, MyHayra Team
Sumber :
https://bincangsyariah.com
http://azimatbondaku.blogspot.com
https://www.islamkafah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *