Do’a Mohon Kesembuhan untuk Segala Penyakit (Mustajab!)

Datangnya sebuah penyakit yang menimpa pada diri kita adalah sebuah takdir Allah yang kita sendiri tidak tahu kapan datangnya juga tidak pernah minta kedatangannya. Semua orang pernah sakit, dari awal kita hidup, dari bayi bahkan hingga kita mati pasti akan merasakan yang namanya sakit. Dalam kehidupan kita beberapa kali mengalami sakit, ada yang sakit ringan ada pula yang sakit berat.

Ikhtiar atau usaha yang sering kita lakukan adalah berobat ke dokter menggunakan obat-obat kimia atau herbal dengan harapan kita bisa sembuh dari penyakit. Maka, sempurnakan usaha kita tersebut dengan memohon kepada Allah agar diberikan kesembuhan. Gunkanan do’a khusus sebagai do’a kesembuhan penyakit agar lebih mujarab. Do’a kesembuhan penyakit yang manjur diambil dari ayat Al-Qur’an, Do’a dari para Nabi, serta dari Ilmu Hikmah.

Saat sakit, semuanya tentu terasa tidak enak. Pada saat itulah kita baru menyadari keindahan nikmat sehat itu. Adapun berdasarkan hadist Rasulullah dinyatakan bahwa tidak ada seorang yang sakit kecuali Allah menghapuskan sebagian dosa-dosanya. Untuk itu, ketika sakit sebaiknya kita tidak menggerutu atau memaki kesakitan kita. Berdo’alah kepada Allah supaya dapat segera diberikan kesembuhan.

Ada banyak do’a yang bisa dilafalkan untuk memohon kesembuhan atas segala macam penyakit yang pernah dibacakan Rasulullah SAW. Salah satunya, bila kita sakit maka do’a yang bisa diamalkan adalah do’a berikut ini.

Allohuma robbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syaafii laa syifaa’a illaa syifaa’uka, syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Tuhan Manusia, hilangkanlah rasa sakit ini. Sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit apapun.”

Bacalah do’a di atas dengan tulus ikhlas sembari berserah diri kepada Allah. Inshaa Allah apapun penyakit yang diderita akan berangsur-angsur pulih dengan izin Allah. Amiin.

Tentu, saat sakit kita biasanya lebih susah untuk melakukan aktivitas dan beribadah. Dalam islam sakit itu bisa berupa hadiah bisa juga menjadi ujian. Keadaan sakit merupakan ujian pada kita untuk selalu bisa mendekatkan diri pada Allah, bisa bersabar, dan bisa ikhlas apapun kondisi kita. Keimanan kita juga diuji saat sakit, seperti apakah kamu juga akan beribadah bila diberikan sakit?. Orang yang beriman, dengan cara apapun akan beribadah kepada Nya, akan terus mendekatkan diri pada nya apapun kondisinya.

Seperti kisah Nabi Ayub as yang diberikan ujian berat oleh Allah SWT dengan penyakit dan kemiskinan berat yang melanda kehidupannya. Meski ia sulit untuk melakukan aktivitas karena sakitnya itu, ia tetap beribadah kepada Allah SWT. Hingga akhirnya, ia memohon kepada Allah SWT agar disembuhkan karena penyakitnya yang telah membuat Nabi Ayub tak sanggup untuk beribadah.

Sakit juga berupa hadiah oleh Allah kepada kita. Apa maksudnya? Seseorang yang diberikan sakit oleh Allah, berarti ia diberikan pengampunan kesalahan oleh Allah atas apa yang telah ia lakukan dalam hidup. Itu karena Allah SWT sayang kepada kita, ia memberikan pengampunan pada dosa kita dengan penyakit.

Allah berfirman “Dan apa saja musibah yang menimpamu maka adalah disebabkan oleh perbuatanmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”. (QS. Asy-Syuura: 30)

Rasulullah SAW juga memberikan pendapat mengenai hal ini, beliau bersabda “Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.” (HR Muslim)

Maka dari itu, jangan pernah sekali-kali berburuk sangka pada Allah dari apa yang kita alami. Allah itu memberikan kebaikan dari berbagai cara yang tidak pernah kita pikirkan.

Semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT. Dan bagi yang sekarang ini sedang sakit semoga dengan do’a diatas dapat membantu agar lekas sembuh dari penyakit dengan izin Allah. Aamiin. Barokallah

 

Salam Hangat, MyHayra Team

Sumber : http://doaniatsholat.blogspot.com

https://www.masrukhan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *