Demam itu membakar Dosa

Siangnya panas malamnya #hujan lebat atau pun sebaliknya, gejala perubahan cuaca yg tiba-tiba ini lah yg disebut dgn #pancaroba.

Di Indonesia sendiri untuk tahun ini musim hujan diprediksi mulai masuk #Oktoberwalaupun tdk semua daerah merata karena ada yg masih merasakan panas terik & berselang kemudian hujan.

Di musim peralihan ini lah #virus mudah berkembang dan wajar apabila orang mudah terkena #flu#batuk#pilek & #demam.

Dalam Islam sendiri demam sudah dikenal sejak jaman #Nabi #Rasulullah saw. & sebagian sahabat Nabi pun terkena demam.

Oleh karena itu, Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu berkata, “demam adalah bagian jatah seorang mukmin dari #neraka” (Dari Munad Ibnu Syihab dan dinukil oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari)

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah terkena demam dgn panas dua kali lipat #manusia.

Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu berkata,
“Aku pernah mengunjungi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yg saat itu sedang sakit. Kemudian Aku letakkan tanganku di atas selimut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, aku dapati panasnya (sangat panas karena yang disentuh adalah selimutnya, bukan badannya, pent). (Hr. Al Baihaqi)

Dalam Islam kita larang mencela demam karena demam itu sebagai pembakar #dosa (baca: penghapus dosa)

Janganlah kamu mencela demam, karena ia menghilangkan dosa anak #Adam, sebagaimana alat pemanas besi mampu menghilangkan karat’. (Hr. Muslim)

Secara umum sakit demam atau sakit apa pun bisa menghapus dosa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yg terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga #kesedihan, bahkan sampai #kesusahan yg menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa2nya. (HR. Muslim)

Oleh karena itu, tidak boleh bagi seorang mukmin mencaci maki #penyakit yang dideritanya, menggerutu, apalagi sampai berburuk sangka pada #Allah dengan musibah #sakit yang dideritanya. Bergembiralah wahai saudaraku, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dari api Neraka.” (HR. Al Bazzar, shohih) (muslim.or.id)

salam hangat, MyHayraTim
source : @islamiqpedia

——————-
more info :
0812 2003 7877

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *