Tips Menghabiskan Masa Liburan Secara Islami Dengan Menciptakan Baiti Jannati Sesuai Budget

Rumus umum dalam perbuatan seorang muslim adalah terikat syariat.  Salah satu tanda keimanan seseorang adalah tidak melakukan hal yang sia-sia.  Oleh karena itu perlu untuk membuat jadwal agenda liburan. Jadi liburan bukanlah sekedar membuang waktu, tetapi diisi dengan amal sholeh baik yang wajib, sunnah atau mubah.  Bukan dengan perbuatan yang makruh apalagi haram.

Jadi apa saja yang bisa kita lakukan saat liburan?

Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan menciptakan baiti jannati sesuai budget

Liburan tidak harus identik dengan bepergian keluar rumah/kota yang harus mengeluarkan banyak biaya.  Liburan juga bisa dinikmati di rumah.  Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di rumah seperti:

  1. Bersih-bersih rumah

Bisa mempercantik tampilan rumah dan menjaga kesehatan penghuninya. Seluruh anggota keluarga bisa melakukan kerja bakti untuk membersihkan rumah.

  1. Menciptakan restoran di rumah

Dengan membuat ruang makan/dapur lebih nyaman, membuat daftar menu sebulan, belajar menjadi chef hebat, belajar memasak dan membuat kue.

  1. Menciptakan hotel di rumah

Dengan menata barang-barang di ruang tidur/ruang keluarga/ruang tamu/kamar mandi sedemikian rupa sehingga menjadi lebih nyaman dan menarik.

  1. Bongkar lemari

Kita bisa menyortir isi lemari untuk memilih mana yang perlu disimpan dan mana yang bisa disumbangkan kepada mereka yang memerlukan

  1. Perpustakaan Rumah

Bagi yang hobi membaca, bisa baca buku yang belum sempat dibaca.  Lengkapi koleksi buku dan bacaan kita dengan berburu bacaan bermanfaat di toko buku, bazaar, seminar, atau pinjam untuk menambah keimanan dan wawasan.

  1. Browsing Situs Islami

Bagi yang hobi berselancar di dunia maya, punya kesempatan untuk membaca situs-situs Islami online yang mempublish beragam berita ke Islaman dan pengetahuan.  Bahkan dapat diunduh secara gratis.  Seperti http://www.innomuslim.comhttp://www.suara-islam.comhttp://www.hidayatullah.comhttp://www.harunyahya.comhttp://www.voa-islam.com, dll, Sehinga kita dapat menambah ilmu.  Kita juga bisa mempercantik blog pribadi.

  1. Nonton bareng film Islami dan edukatif

Tonton koleksi film islami dan edukatif yang belum pernah ditonton sebelumnya, atau bisa juga tonton ulang film islami yang dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kita.

  1. Mengevaluasi kesempurnaan pelaksanaan kewajiban agama

Orangtua dapat mengechek pelaksanaan sholat anak: bacaan. gerakan, arti, pemahaman, hikmahnya.  Chek bacaan Qur’an anak apakah sudah sesuai dengan tajwid.

  1. Mengajarkan keterampilan

Belilah buku tentang suatu ketrampilan, lalu praktekkan bersama dan hasilnya bisa menambah aksesori koleksi pribadi atau untuk memberikan hadiah kepada temannya.

  1. Latihan menulis

Bagi yang hobi jurnalistik bisa membuat beberapa tulisan untuk koleksi pribadi atau dikirim ke media masa.

 

Salam Hangat, MyHayra Team

Sumber : noorzammy.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *