Tips Mengajarkan Al-Qur’an Kepada Anak-Anak

  1. Niat

Niat menjadi point pertama yang harus kita perhatikan oleh masing-masing dari kita ketika mau melaksanakan suatu pekerjaan. Karena kita nantinya akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita niatkan dan usahakan.

  1. Memiliki bacaan Al-Qur’an yang baik

Setelah kita mempunyai niat yang benar, kita pun dituntut untuk memiliki Al-Qur’an dan bacaan yang baik. Hal ini di karenakan anak-anak kecil itu sangat mudah merekam apa yang di ajarkan kepada mereka dan rekaman itu tersimpan dalam memori jangka panjang. Sehingga akan lebih baik jika kita yang mau mengajarkan Al-Qur’an itu memiliki bacaan Al-Qur’an yang baik. Jika point ini beluk bisa terpenuhi, kita masih bisa terus belajar sembari mengajarkan kepada mereka.

  1. Mengenal tipe anak-anak yang akan diajar

Point ini sangat penting karena termasuk penunjang untuk proses ke depannya nanti. Setelah kita mengenal tipe anak akan mudah untuk mengajarkan metode-metode yang sekira sesuai dan kemudian bisa di terapkan kepada mereka.

  1. Mengajarkan Al-Qur’an melalui kisah kisah yang menarik

Biasanya anak kecil dengan dunia bercerita, baik mendengarkan atau bercerita langsung. Maka, situasi ini bisa di manfaat kan bagi kita untuk memperkenalkan Al-Qur’an kepada mereka dengan membacakan kisah-kisah menarik yang berkaitan dengan Al-Qur’an.

  1. Membuat teka teki atau kuis yang berkaitan dengan Al-Qur’an

Selain mendengarkan kisah-kisah menarik, terkadang mereka merasa bosan karena terus menerus mendengarkan cerita. Adakalanya mereka senang dengan diberi teka-teki atau kuis yang berkaitan dengan Al-Qur’an.

  1. Menayangkan video-video yang memotivasi mereka

Selanjutnya kita menayankan video yang bisa memotivasi mereka untuk terus belajar Al-Qur’an. Tujuan nya agar memberi ruang belajar yang tidak monoton kepada mereka.kebanyakan anak anak akan senang jika suasana belajar lebih cair dan tidak tegang.

 

Sumber: karyainspirasimuslimah

Salam Hangat, MyHayra Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *