Jangan Suka Menghitung-Hitung Sedekah

Hayoh..  siapa yang suka ngitung-ngitung sedekah?

Sahabat MyHayra, alhamdulillah di Jum’at yang Inshaa Allah penuh berkah ini kita akan membahas tentang “jangan suka menghitung-hitung sedekah”. Loh memangnya kenapa?

Rasulullah saw bersabda (yang artinya) :

“Berinfaklah dan jangan menghitung-hitung, niscaya Allah akan hitung-hitung rezeki-Nya padamu. Dan jangan menahan-nahan, niscaya Allah akan menahan-nahan rezeki-Nya padamu.” [HR Al Bukhari].

 

Diriwayat lain, Rasululloh SAW. bersabda (yang artinya) :

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau menyedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan berkah rezeki tersebut [Lihat tafsiran hadis ini sebagaimana yang disampaikan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqolani dalam Fathul Bari Syarh Shahih Al Bukhari, 3/300, Darul Ma’rifah, 1379]. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” [HR. Muslim no. 1029]

Sahabat, bisakah kau menghitung anugerah Allah yang telah diberikan kepadamu. Nikmat tubuh, kesehatan, iman, penglihatan, pendengaran dan lain sebagainya. Sungguh, kau tak akan bisa menghitungnya.

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. An Nahl: 18)

Dan karena memang kita tidak akan bisa menghitung nikmat yang diberikan oleh Allah, maka janganlah kita suka menghitung apa yang kita berikan untuk sedekah atau infaq.

Begitulah sahabat, betapa sayangnya Allah swt. kepada kita semua, janganlah kau terlalu sering mengingat-ingat sehingga menyebabkan dirimu malas bersedekah karena sebelumnya kau telah bersedekah.

Semoga postingan ini selalu memberikan motivasi kita semua agar dapat selalu bersedekah dan berinfaq dikala sempit maupun lapang. Aamiin

 

Salam Hangat, MyHayra Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *