Adab Kepada Anak Agar Tidak Durhaka Kepada Orang Tua

Salah satu adab kepada anak agar tidak durhaka kepada orang tua

Jangan terlalu banyak memberikan anak pilihan kepada anak, kalau belum ada pilihan kepada mereka. Misalnya :” nak ini baju buat hari ini” atau “ nak ini makannya ibu sudah siapkan di meja”Jangan di tanya “nak makan nya mau sama apa ?”. karena dia merasa punya kedudukan yang harus ia mengartur orang tuanya, kalau dia di beri pilihan terus lama lama dia akan menyatakan “kenapa ibu memberikan ini kepada saya, kenapa sepatu saya yang itu?”. Dia akan banyak protes dan menyatakan kalimat “ah” ini pintu durhaka baginya karena dia sering membantah orang tuanya. Surah al isra ayat 23-24

 

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ
o أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيمًا
Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya  kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sakali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkatan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Q.S. Al Isra’ : 23)

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (Q.S. Al Isra’ : 24)

 

Salam Hangat,  MyHayra Team

Sumber : Ust. Khalid Basalamah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *