Tips Agar Setelah Sholat subuh Tetap Terjaga Dan Tidak Mengantuk

Setelah Makan Sahur dan menunaikan shalat Shubuh biasanya mata akan merasa mengantuk dan tubuh memilih ingin tidur.

Ternyata hal ini sangat tidak dianjurkan dalam Islam bahkan beberapa ulama menjelaskan bahwa hukumnya adalah makruh jika tidak ada udzur dan keperluan.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan setelah shalat shubuh agar kita dapat tetap terjaga:

  1. Mandilah setelah setelah shalat shubuh.

Mandi sebelum shalat subuh maupun setelah Shalat Shubuh akan membuat tubuh kita segar kembali dan bersemangat untuk melakukan suatu kegiatan atau ibada lainnya.

  1. Lakukan ibadah lainnya, seperti membaca Al Qur’an atau berzikir. Membaca Al Qur’an setelah shalat shubuh akan membuat otak kita terasa jauh lebih rileks dan fisik menjadi lebih tenang.
  2. Kamu juga bisa membuat jadwal kegiatan yang ingin dilakukan selama seharian penuh. Biar hidupmu lebih tertata.
  3. Kalau suasana masih pagi biasanya timbul semangat yang menggebu-gebu untuk melakukan sesuatu. Maka mulailah mengerjakan sesuatu yang paling sederhana seperti menyapu, mencuci piring setelah makan sahur, atau bisa juga dengan mulai mengerjakan tugas-tugas sekolah/kuliah/kantor yang mungkin belum selesai jika bisa dikerjakan dirumah.
  4. Biar tetap semangat dan mata tidak ngantuk cobalah menonton TV dan carilah berita-berita terhangat atau acara-cara yang disenangi.
  5. Jalan-jalan atau lari pagi juga sangat baik untuk menghilangkan kantuk, selain itu juga akan bermanfaat bagi tubuh. karena biasanya udara pagi belum terkontaminasi oleh polusi.
  6. Kamu juga bisa membaca buku-buku islami dan melakukan kegiatan positif lainya yang bisa membuatmu bersemangat untuk menyambut pagi.

Kalau memang semalam begadang atau rasa kantuk menyerang tak tertahankan, ada baiknya kamu melanjutkan tidur ketika matahari sudah terbit, yaitu di atas jam 6.30 pagi.

Demikian, semoga bermanfaat ^_^

Salam Hangat, Myhayra Tim
Source : palembang.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *