Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Tips agar tubuh tetap fit saat puasa

Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan selama bulan
ramadan agar tubuh tetap fit saat puasa:

1. Jangan lewatkan sahur

Cara paling sederhana untuk tetap fit saat puasa adalah jangan pernah
lewatkan sahur.

Anda bisa mengonsumsi makanan seperti beras merah, gandum, dan oat yang
membuat kenyang lebih lama. Asupan makanan yang mengandung serat tinggi
berasal dari kurma, biji-bijian, kentang, sayuran dan hampir semua buah
terutama aprikot, plum, pepaya dan pisang. Sedangkan asupan protein bisa
Anda dapatkan dari telur, keju, yoghurt atau daging rendah lemak yang
membantu menambah energi Anda sepanjang hari.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah
yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Minumlah setidaknya
8-12 gelas air putih sehari.

Selain itu, ada baiknya Anda menghindari kafein. Pasalnya, kafein  bersifat
diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan
dalam tubuh cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara
berlebihan selama bulan Ramadan untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

3. Makan secukupnya

Selama Ramadan, waktu yang paling dinanti adalah waktu berbuka. Namun
sayangnya banyak orang yang “kalap” ketika menyantap hidangan berbuka.
Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan
begah. Itu sebabnya berbuka puasalah dengan makan secukupnya.

4. Hindari makanan berminyak

Menu gorengan untuk berbuka puasa memang menggoda sekali. Namun ada baiknya
Anda menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam
jumlah banyak. Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan
kolestrol dalam tubuh Anda.

5. Mengurangi makanan dan minuman yang manis

Anda juga diharuskan mengurangi minuman dan makanan manis serta produk
olahan. Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari ‘berbuka dengan
yang manis’. Makanan atau minuman manis memang penting dikonsumsi saat
berbuka untuk menormalkan gula darah. Hanya saja, Anda harus memperhatikan
porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis
tersebut terbuat dari gula.

6. Olahraga

Anda bisa melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah
berbuka puasa, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya. Lakukan
olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun
latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

7. Tidur yang cukup

Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum
seharian, melainkan karena Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam
harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu
penting. Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah
sholat tarawih. Sebab, kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga
menghambat aktivitas Anda nantinya.

 

Salam Hangat, MyHayra Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *