Cara Menghilangkan Rasa Takut Menurut Islam

Cara Menghilangkan Rasa Takut Menurut Islam

1. Pahami penyebab ketakutan

Sadari, ketahui, dan pahami dengan betul apa yang menyebabkan anda merasa takut. Mengetahui apa penyebab anda merasa takut, dapat membuat anda lebih mudah untuk mengatasinya. Penyebab ketakutan muncul biasanya adalah adanya pengalaman yang tidak mengenakkan di masa lalu. Misalnya anda sangat takut naik sepeda motor karena memiliki pengalaman pernah terjatuh saat naik sepeda motor.

2. Berpikir positif

Setelah mengetahui hal apa yang menyebabkan anda merasa takut, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah berpikir positif. Berpikir positif sangat membantu untuk mengatasi rasa khawatir yang anda alami. Positif thinking lah terhadap apa saja yang akan anda alami nantinya. Tak perlu anda merasa takut ataupun khawatir. Belum tentu hal yang anda takuti akan terjadi nantinya. Dan yakinlah bahwa Allah akan selalu menolong dan memberi yang terbaik untuk anda.

3. Serahkan semuanya pada Allah

Adukan semua keluhan dan rasa takut yang anda alami kepada Allah SWT. Maka Ia akan meringankan segala beban yang anda derita. Karena sesungguhnya hanya Allah lah tempat bergantung bagi semua mahluk. Dan yakinlah bahwa Allah selalu memberi yang terbaik untuk hambanya.

4. Meditasi

Islam juga mengenal meditasi. Meditasi dalam Islam dikenal dengan nama Dzikrullah atau dengan mengingat Allah. Inilah tips terdahsyat menghilangkan rasa takut menurut Islam. Karena dengan selalu mengingat Allah, jangankan hanya rasa takut, semua persoalan hidup yang anda alami juga perlahan akan menghilang. Seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT, bagi siapa saja yang mengingat-Nya, maka di dalam hatinya pastilah terisi dengan ketenteraman-ketenteraman yang tidak bisa didapatkan melainkan hanya dengan mengingat-Nya.

Satu hal yang perlu anda ingat, bahwa dzikir tidak hanya dilakukan sebatas ucapan lisan, atau hati saja. Melainkan merupakan suatu rangkaian aktivitas yang melibatkan segenap hati, lisan, dan juga perbuatan yang dilakukan dengan khusyuk.

Salam Hangat, MyHayra Tim

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *