Langkah Jitu Meningkatkan Kemampuan Diri

Langkah Jitu Meningkatkan Kemampuan Diri
 
Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan diri, dibawah ini akan dibahas beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan diri, yaitu :
 
1. KENALI DIRI SENDIRI
 
Buat daftar pertanyaan dan jawab dengan jujur. Misalnya : Apa yang membuat anda bahagia? Apa yang anda inginkan dalam hidup ini? Apa kelebihan dan kekuatan anda? Apa kelemahan dan kekurangan anda?
 
2. TENTUKAN TUJUAN HIDUP
 
Tentukan tujuan hidup anda untuk jangka pendek maupun jangka panjang sesuai kemampuan dan kompetensi anda. Rencanakan dengan baik setiap langkah anda agar segala sesuatunya bisa terealisasikan dengan baik.
 
3. KENALI MOTIVASI HIDUP
 
Setiap manusia mempunyai motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Apa yang bisa mencambuk anda untuk membangun kekuatan dan dukungan moril sehingga menghasilkan karya terbaik.
 
4. HILANGKAN NEGATIF THINGKING
 
Jangan menyalahkan orang lain dalam menghadapi hambatan. Evaluasi langkah anda, kemudian melangkah lagi.
 
5.JANGAN MENGADILI DIRI SENDIRI
 
Jika menghadapi hambatan dan kegagalan untuk mencapai tujuan jangan menyesal dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran yang berharga untuk maju.
 
6. BERTANYA KEPADA ORANG YANG TERDEKAT
 
Misalnya orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki karena itu diperlukan orang lain untuk menyadarkan kita.
 
7. BANYAK MEMBACA, MELIHAT, dan MERASAKAN
 
Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi.
 
8. MELAKUKAN HAL BARU
 
Anda bisa melakukan hal baru yang sesuai dengan gaya Anda namun tidak perlu terlalu ekstrim, misalnya dengan belajar bahasa asing, bahasa yang baru bagi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kunjungi tempat-tempat baru seperti pegunungan, pantai atau tempat wisata tertentu.Bagi Anda seorang karyawan, Anda bisa mencoba berbisnis. Saya yakin Anda akan mendapatkan banyak inspirasi saat Anda mulai berbisnis. Namun, Anda juga akan menemukan banyak tantangan yang bermula dari rasa takut dan ragu.
 
9. MENINGKATKAN SKIL DAN KETRAMPILAN
 
Jika Anda ingin berkembang, kemampuan yang Anda miliki saat ini perlu Anda tingkatkan. Misalnya, Anda bisa berbicara di depan umum, tetapi masih belum begitu bagus. Anda bisa belajar atau sering melatih diri berbicara di depan umum.Selain itu anda juga lebih membekali diri dengan berbagai ketrampilan secara spesifik yang membuat anda lebih maju daripada yang lain.
 
10. SERING-SERINGLAH BERBAGI PENGALAMAN DENGAN TEMAN
 
mengembangkan potensi diri tidak harus melulu melalui media pembelajaran yang kaku dan terstruktur. dengan bersosialisasi dan berbagi pengalaman dengan teman-teman terdekat dan teman baru akan menambah pengalaman anda. sehingga potensi yang belum tergali bisa anda munculkan dengan adanya saran, pendapat atau cuma sekedar informasi yang teman anda berikan.
 
Silakan coba aplikasikan, semoga bermanfaat..
 
Let upgrade yourself
 
Salam Hangat, MyHayra Tim
source : terapiotak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *