Anak Susah Makan? Coba deh trik ini!

Anak Anda Susah Makan? Coba Trik Ini
Anak susah makan saat disuapi makanan atau anak yang hanya mau satu jenis makanan selama berhari-hari, mungkin bukan kisah baru bagi orang tua. Untuk menghadapinya, orang tua tidak boleh kalah cerdik dengan anak.
 
Umumnya, anak susah makan dimulai setelah mereka menginjak usia satu tahun. Pada saat itu, pertumbuhan anak melambat jika dibandingkan masa sebelumnya. Hal ini juga menurunkan selera makannya. Sehingga sering kali yang tampak adalah anak makan lebih sedikit.
 
Bagi anak-anak, makan termasuk dalam proses pembelajaran dan eksplorasi. Untuk membantu menambah selera makan pada anak susah makan, orang tua dapat melakukan kegiatan, seperti:
 
1. Mengadakan acara makan keluarga dengan rutin. Biarkan anak melihat Anda mengonsumsi beragam jenis makanan dan berkomentar positif terhadapnya.
2. Biasakan waktu makan yang konsisten, yaitu tiga kali waktu makan utama dan dua kali makan camilan tiap hari. Batasi waktu sekitar 30 menit untuk tiap waktu makan. Buatlah keadaan tersebut nyaman untuknya.
3. Biarkan anak makan dengan mandiri. Buat makanan praktis yang dapat dipegang dan dimasukkan ke dalam mulut anak dengan mudah.
4. Berikan hanya 1-2 jenis makanan pada anak saat makan dan berikan dalam porsi kecil.
5. Gunakan perlengkapan makan dengan gambar dan warna- warni menarik.
6. Mengundang anak-anak lain untuk makan bersama. Bagi anak yang susah makan, mereka cenderung makan lebih banyak ketika bersama teman sebayanya.
7. Jauhkan televisi, permainan, binatang peliharaan, dan hal-hal yang memengaruhi perhatiannya saat makan.
8. Libatkan anak-anak saat memroses makanan yang dihidangkan. Mulai dari membeli, membersihkan, hingga memasak dan menyajikan untuk mendorongnya lebih berselera.
 
Untuk memastikan kecukupan gizi anak, orang tua dapat membuat catatan. Tulis seluruh makanan dan minuman yang dikonsumsi anak selama seminggu. Periksa apakah anak telah menerima asupan dari empat kelompok gizi utama yaitu karbohidrat, protein, produk olahan susu, buah dan sayuran. Jika anak Anda masih mengonsumsi makanan dari tiap kelompok gizi tersebut, maka Anda tidak perlu merasa khawatir.
 
Anak susah makan bukanlah perkara yang mudah untuk ditangani. Diperlukan perhatian dan kesabaran ekstra untuk mengatasinya. Namun jika Anda masih belum yakin terhadap asupan gizi anak atau menyebabkan berat badan anak sulit bertambah, maka disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi langsung kepada ahli gizi atau dokter spesialis anak.
 
Salam Hangat, MyHayra Tim
Source : aladokter.com
diskon + promo / more info / order :
wa : 0812 2003 7877

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *