Diet yang paling berkesan adalah…

Rasulullahﷺ ditanya para Sahabat tentang ghibah, beliau menjawab. “Ghibah itu membicarakan aib atau sesuatu yang tidak disukai oleh orang yang kamu bicarakan di belakangnya.”

Lalu para Sahabat bertanya lagi “Lalu, bagaimana jika yang dibicarakan itu benar (ada pada diri orang tersebut)?”

Jawab Rasulullahﷺ “Jika yang disebutkan itu benar ada pada diri orang itu, maka itulah ghibah. Namun jika yang dibicarakan itu tidak ada pada diri orang itu, maka itu adalah fitnah”.

Ghibah termasuk dosa besar. Baik yang membicarakannya atau yang mendengarkan sama-sama berdosa. Mendengarkan ghibah dengan sikap kagum & menyetujui apa yang diucapkan pengghibah, hukumnya sama dengan mengghibah.

Ulama katakan, kelak di akhirat akan ada orang yang membawa banyak pahala amal shalih, tapi semuanya habis sebab pahalanya dibagi-bagikan kepada orang yang pernah dighibahnya & orang yang pernah dizhaliminya.

Islam melarang & mengharamkan ghibah. Sebab ghibah bisa memutuskan ukhuwah, tersebarnya aib, sehingga menimbulkan prasangka & permusuhan.

Dalam Al-Quran disebutkan, orang yang senang mengghibah seperti orang yang memakan bangkai saudaranya.

“Dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati, pasti kalian membencinya. Maka bertaqwalah kalian kepada Allah, sungguh Allah Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih”. [Al Hujurat :12]

Hindari ghibah.
Bila sedang kumpul dengan teman-teman lalu ada yang mengghibah, baiknya kita mengalihkan pembicaraan atau meninggalkan tempat itu dengan alasan yang baik. Acara gosip di TV, postingan yang membicarakan aib orang lain juga ghibah.

Ghibah itu halus. Kadang tanpa sadar saat berbicara kita telah mengghibah orang lain. Maka perbanyaklah istighfar & banyak melihat kekurangan serta aib diri sendiri daripada aib orang lain.

Ghibah itu bikin ketagihan. Ada sebagian orang yang rasanya tidak puas jika dalam sehari tidak mengghibah orang lain. Orang yang senang mengghibah ada penyakit iri & dengki dalam hatinya.

Salam Hangat MyHayra Tim,
source : @uta_aksara | via @islamiQpedia

more info :
0812 2003 7877

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *